KendariMETRO KOTANEWSPELUANG BISNIS

Pengolahan Sagu dan Kakao jadi Fokus Hari Pangan Sedunia

601
×

Pengolahan Sagu dan Kakao jadi Fokus Hari Pangan Sedunia

Sebarkan artikel ini
Beberapa Kepala Dinas Pemprov Sultra berfoto bersama usai memberikan materi Talk Show. Foto: MEDIAKENDARI.com/Ali/B

Reporter: Ali
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Sulawesi Tenggara didapuk jadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia (HPS) ke – 39 tanggal 2 sampai 5 November 2019 mendatang. Rencananya Sultra bakal fokus pada pengolahan sagu dan kakao.

Kegiatan akan digelar di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Konawe dan Kota Kendari. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, Ari Sismanto menjelaskan, untuk wilayah Sulawesi, Konsel lah yang menjuarai predikat penghasil cokelat terbanyak, dan Indonesia menjadi penghasil ke – 3 sedunia.

Apalagi lanjutnya, ada penemuan mesin baru yang mampu membuat tanaman cokelat terus berbuah tanpa lagi menunggu musimnya. Ia pun berharap, cokelat yang tadinya hanya menjadi komoditi pasar rumah tangga, akan menembus pasar dunia dan mensejahterakan petani kakao jika HPS sukses digelar.

“Saya yakin betul dengan adanya HPS di Bumi Anoa, maka cokelat akan menguasai pasaran ditahun 2045,” cetusnya.

BACA JUGA:

Di tempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sultra Made Guyasa menambahkan, tanaman sagu dipilih karena banyak tumbuh di daratan Konawe dan Konawe Selatan yang menjadi panganan pokok masyarakat. Kandungan sagu banyak mengandung anti oksidan untuk mengobati beberapa penyakit. Termasuk dapat diolah menjadi bahan etanol untuk bahan bakar.

“Sagu itu mampu mengobati penyakit jantung, osteoporosis, diabetes dan lain sebgainya. Hanya saja, selama ini masyarakat tidak menyadarinya,” ujarnya.

Dalam rangka menyambut HPS pula, Dinas Komunikasi dan Informasi mengadakan TALK SHOW bertajuk Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045. (B)

You cannot copy content of this page