oleh

Pengurus Dekranasda Konsel Periode 2021 – 2026 Dikukuhkan

-NEWS-26 dibaca

KONAWE SELATAN – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) masa bhakti tahun 2021 – 2026 resmi dikukuhkan Rabu, 10 November 2021.

Didapuk sebagi Ketua Dekranasda Hj Nurlin Surunuddin SH dan Wakil Ketua Suharni Rasyid S.Pi M.Pi, Ketua Harian Drs Madilaa M.Si, Sekretaris Sitti Asmalati SE dan Bendahara Luliana S.Pd.

Susunan pengurus berdasarkan Keputusan Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. Hj Nur Endang Abbas SE M.Si Nomor 15/Dekranasda Prov/SK/XI/2021.

Pramuka

Pengukuhan dilaksanakan di pendopo rujab bupati dan dilakukan oleh Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM. Dihadiri Wabup Konsel Rasyid S.Sos M.Si, Sekretaris Daerah Ir. Drs. H Sjarif Sajang M.Si, Ketua DPRD Irham Kalenggo S.Sos, M.Si, Ketua DWP Hj Ariyati Sjarif SKM.

Ketua Dekranasda Hj Nurlin Surunuddin mengatakan pengukuhan merupakan tindaklanjut dari rangkaian pelantikan dirinya selaku ketua pada 20 Agustus 2021 lalu.

Kepada para pengurus, dirinya berharap bisa membangun kerjasama mampu menggali potensi kearifan lokal dalam pengembangan produk unggulan sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

” Juga mampu berkoordinasi dan membangun jaringan dengan lembaga, dinas terkait, swasta dan pihak perbankan utamanya dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk kerajinan melalui program kerja inovatif,”imbuhnya.

Tak lupa ia meminta pimpinan daerah untuk memerintahkan dinas terkait memberikan support khususnya dibidang penganggaran agar program kerja dekranasda bisa berjalan dengan baik dan lancar mendukung terwujudnya desa maju konsel hebat.

Sementara sebagai Ketua Dewan Pembina, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga mengatakan tantangan berat dimasa pandemi covid-19 adalah daya beli dan perekonomian masyarakat yang rendah.

Oleh karena itu Dekranasda diharapkan mampu menyemangati pengrajin untuk lebih memaksimalkan usaha kerajinannya.”Dekranasda harus mengambil peran untuk gimana membantu memasarkan hasil kerajinan para perajin baik offline maupun online,”tuturnya.

Dekranasda diharapkan berkomitmen dan mengambil langkah nyata mendukung pelaku ekonomi kreatif serta menguatkan branding mencapai keberhasilan pemasaran kerajinan ketingkat lebih tinggi dengan fokus pada satu arah.

Dikesempatan itu juga Bupati Surunuddin mengatakan, ia bersama Wakil Bupati Rasyid dan jajaran tetap berkomitmen untuk mendukung penuh seluruh kegiatan Dekranasda Konsel dengan menginstruksikan kepada seluruh dinas terkait untuk memberi ruang bagi dekranasda dalam usulan program dan kegiatan melalui APBD Kabupaten Konsel.

Penulis : Erlin

Terkini