Pengurus Hoalu Kapal 1904 Rumpun Toronipa Resmi Dilantik

NEWS390 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Lukman Abunawas mengukuhkan Pengurus Kekerabatan 8 (Hoalu Kapala 1904) Rumpun Toronipa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Lembaga Adat Tolaki (LAT) di Toronipa.

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar karena Rahmat Allah SWT. Hari ini menjadi hari bersejarah buat kita semua, kita satukan semua peranakan bone/sinjai dengan Lembaga Adat Tolaki. Kita sekarang satu ikatan simbol yakni dengan prinsip dimana kita lahir maka kita harus hargai budaya dimana kita bermukim,” ungkap Lukman Abunawas, Kamis (29/12/2022).

Sementara itu, Ketua DPP LAT, Mansur Masi Abunawas mengatakan, paguyuban ini telah menjadi keluarga besar di jazirah Sultra. Ia berharapa pengurus saat ini tidak hanya menjadi simbol namun menjadi lembaga yang besar.

“Mari bersama-sama dan mendukung pemerintah dan membangun daerah bersama. Di Soropia ini adalah kita semua saudara, mari menyatukan diri karena kita ini semua masyarakat Sultra,” katanya.

Sementara itu, Ketua Rumpun Hoalu Kapala 1904, Era Hartamawangsyah menambahkan lembaga ini merupakan wadah yang menyantukan para perantau yang dari Bajoe dan Sinjai yang telah menetap di Sultra.

“Kami adalah perantau yang tersebar di semua Sultra. Mari kita menghargai leluhur dan orang tua kita. Alhamdulillah saat ini kita sudah menetap dengan saudara kita di Sulawesi Tenggara,” singkatnya.

Reporter : Rahmat R.