oleh

Peran Ibu-ibu Membantu Prajurit TNI

 

Penulis : Ardilan

BUTON – Keberadaan para perempuan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton cukup menyita perhatian. Pasalnya, ibu-ibu dari Kecamatan itu khususnya dari Desa Sangia Arano ikut mengambil peran membantu prajurit TNI yang bekerja.

Para ibu-ibu itu meluangkan waktu untuk menyiapkan keperluan makan. Mereka kompak menyuguhkan hidangan santap siang dan malam di dapur umum TMMD.

“Saya masuk terus setiap hari, suami juga izinkan kebetulan bantu-bantu juga disini bangun masjid,” kata salah satu ibu-ibu, Tini (27) dalam keterangannya Minggu 21 Maret 2021.

Ibu satu anak ini bilang dirinya secara sukarela memasak segala hidangan untuk memenuhi asupan makan para prajurit TNI. Ia bercerita hampir setiap hari melakukan hal itu sebagai bentuk dukungan kepada TNI yang sudah bekerja keras membantu membangun desanya.

Ibu-ibu lainnya, Nurjannah mengatakan pihaknya setiap hari menyuguhkan makanan secara berfariasi alias tidak monoton. Ia mengungkapkan ibu-ibu di desanya secara gotong-royong memasak demi para prajurit.

“Kita sudah atur jadwal. Tapi kadang-kadang ada teman ibu-ibu malah datang membantu setiap hari biar bukan jadwalnya memasak,” ujar Nurjannah.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sangia Arano, Arman Kandu menambahkan warga desanya menyambut dengan antusias sejak TMMD dimulai. Para warga setempat sudah melibatkan diri untuk membantu tanpa diminta atau diperintah pihak manapun.

“Dari awal masyarakat sudah antusias membantu program TMMD ini tanpa minta imbalan apalagi gaji,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, seluruh program satuan tugas TMMD dibawah pengawasan Dandim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan serta dibawah komando dan arahan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangeruka.

Terkini