oleh

Perbaiki Pasar, Disperindag Konawe Kucurkan Rp 4,9 Miliar

Reporter : Indiana

UNAAHA – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pedagang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Konawe menargetkan tahun ini memperbaiki dan membangun pasar.

Tidak tanggung-tanggung, pihak Disperindag Konawe mengucurkan dana sebanyak Rp 4,9 miliar untuk memperbaiki (revitalisasi) dan membangun pasar.

“Tahun kita hanya membangun fisik, dengan dana yang berusmber dari DAK dan APBD untuk bidang pasar saja yakni revitalisasi pasar, pembangunan pasar dan revitalisasi industri,” ujar Kepala Disperindag Konawe, H Ansharullah SE. MM., saat ditemui Mediakendari.com di ruang kerjanya, Selasa (15/1/2019).

Dia menyebutkan total dana tersebut akan dialokasikan untuk tiga titik revitalisasi dan dua titik pembagunan pasar. Titik revitalisasi tersebut yakni, Pasar Raya Duriasi Rp 1,23 miliar yang bersumber dari DAK, Pasar Raya Meluhu Rp 1,9 miliar juga dari DAK dan Pasar Raya Pondidaha Rp 1,150 miliar dari APBD.

Sementara itu, dua titik pembangunan pasar yakni Pasar Raya Anggalomoare Rp 476 juta bersumber dari APBD, dan Pasar Raya Besulutu Rp 190 juta juga bersumber dari APBD.

Selain membangun dan merevitatalisasi pasar, Dinas Disperindag Kab Konawe juga akan merevitalisasi UPT Rotan dan kayu yang terletak di Kec Anggaberi dengan total dana Rp 3,338 miliar untuk revitalisasi fisik dan Rp 1 miliar untuk pengadaan.

Juga pihaknya akan memberikan bantuan langsung yang diserahkan kepada masyarakat berupa bengkel dan parut sebanyak 10 unit kepada 10 kelompok usaha.

Terkini