Perbatasan Buteng Dijaga Ketat, Bupati Ikut Berjaga

Reporter: Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Upaya Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara untuk pencegahan Virus Covid-19 atau Virus Corona, tidak main-main.

Sejak senin malam kemarin, Bupati Buteng Samahuddin pantau dan berjaga di pos perbatasan Muna dan Buteng tepatnya di desa lakapera. Kini giliran perbatasan desa Kolowa Kecamatan Gu dan desa Baruta Lestari Kecamatan Sangiawambulu hingga menuju pelabuhan feri wamengkoli yang menghubungkan Buteng dengan kota Baubau, Selasa malam 28 April 2020.

Saat meninjau posko tersebut, Bupati Buteng Samahuddin ikut berjaga didampingi langsung oleh Sekda Buteng, Kostantinus Bukide, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto, Kapolsek Sangiawambulu, Kapus Sangiawambulu serta anggota DPRD Buteng Partai PDIP, Azaluddin, Sarifuddin Reeno dan Saal Musrimin Hadi.

Bupati Buton Tengah, Samahuddin mengatakan menjaga ketat setiap perbatasan adalah wujud dari pencegahan penyebaran Covid 19 di Buteng. Untuk itu harus dapat dilakukan secara masif hingga ke tingkat terbawah yaitu desa-desa hingga perbatasan antar kabupaten muna dan kota baubau.

“Karena Baubau dan Muna zona merah. Untuk itu saya pantau langsung dan perketat semua perbatasan hingga memastikan semua kesiapan setiap posko baik di desa maupun kecamatan kecamatan, semuanya tanpa terkecuali,” ujarnya.

Bupati yang gemar turun lapangan ini juga mengintruksikan, para petugas jaga harus melakukan pemeriksaan terhadap setiap kendaraan yang akan masuk ke wilayah Buton Tengah.

“Setiap ada kendaraan yang masuk ke Buteng maka ia harus diperiksa tidak ada tawar menawar ini demi keselamatan untuk kita semua. Dan jika kita dapati suhunya tidak memungkinkan akan dilarang masuk dan kita suruh pulang,” tegasnya.

Selain itu, Samahuddin juga mengharapkan warga setempat untuk menerapkan pola hidup bersih dengan membiasakan cuci tangan, tinggal di rumah jika tidak punya kepentingan dan meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Yang terpenting itu menjaga kesehatan diri sendiri serta keluarga dengan berperilaku hidup bersih dan sehat,” pintanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto juga mengatakan setiap pendatang harus dapat mengikuti prosedur sesuai dengan protap kesehatan yang diberlakukan di masa pandemi covid 19. Dimana, Petugas harus melakukan scanning terhadap semua pengendara dari luar maupun dalam daerah serta Tim satgas selalu menyiagakan setiap harinya petugas di perbatasan.

“Saya sepakat dengan pak Bupati dalam penjagaan dan pengawasan disetiap posko harus diperketat, yang saya lihat semua berjalan dengan baik. Mulai dari pemeriksaannya, juga didata siapa saja yang masuk ke Buteng, kalau ingin daerah kita aman dari covid 19,” tegasnya.

Disetiap posko, lanjut legislator asal kecamatan talaga raya ini, setiap hari akan dievaluasi untuk memastikan agar posko ini beroperasi dengan maksimal sesuai fungsingya, sekaligus memberikan semangat kepada para petugas tanpa kenal lelah.

“Kami akan memantau dan melihat sejauh mana kondisi dan situasinya. Jika ada hal lain yang dianggap urgen, kebijakan lainnya akan ditempuh,” pungkasnya. (Adv)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda