oleh

Perekaman E-KTP Meningkat, Disdukcapil Konsel Tetap Ngantor di Hari Minggu

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, kebutuhan pencetakan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara meningkat.

Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Konsel Sudirman menjelaskan, pendaftaran penerbitan berbagai jenis dokumen kependudukan biasanya yang hanya di angka 100-an.

Namun, menjelang Pemilu ini, kata Sudi, terjadi kenaikan drastis hingga dua kali lipat. Untuk percetakan Kartu Keluarga KK perharinya kini bisa mencapai 300 lembar, KTP perharinya 200 pencetakan dan Akta Kelahiran juga mencapai ratusan.

“Sangat meningkat derastis, kalau hari biasa itu rata-rata kita hanya melayani sampai seratusan, untuk setiap dokumen kependudukan,” Kata Sudi saat ditemui dikantornya, Kamis (11/4/2019).

Karena tingginya permintaan pelayanan oleh masyarakat, pihaknya bahkan harus menambah waktu kerja dengan memanfaatkan hari libur akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu, untuk tetap memberikan pelayanan.

“Waktu kerja hingga hari Sabtu dan Minggu, untuk melakukan perekaman E-KTP, itu juga sebagaimana ditekankan Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (A)

Terkini