oleh

Pergerakan Ekonomi di Baubau Mulai Merangkak Naik

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Geliat pergerakan ekonomi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai merangkak naik padahal pandemi Covid-19 belum juga usai.

Hal itu terungkap melalui catatan indeks pertumbuhan ekonomi Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau pada kuartal I dari Januari sampai Mei 2021.

“Pemerintah pusat membolehkan di wilayah zona kuning dan hijau melakukan aktivitas di luar sehingga sekarang pertumbuhan ekonomi di Kota Baubau sudah cukup bagus yakni diposisi 3 sampai 5 persen karena geliat ekonomi kita sudah mulai tumbuh bagus,” ucap Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Baubau, Ibnu Wahid di ruang kerjanya kepada MEDIAKENDARI.Com Senin, 17 Mei 2021.

Dikatakan, pertumbuhan ekonomi di Kota Baubau ini lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi secara nasional yang masih minus.

Ia menjelaskan saat ini Kota Baubau bukan lagi zona merah Covid-19 sehingga semua pusat perbelanjaan diberi izin membuka kembali usahanya dengan syarat menerapkan protokol kesehatan sehingga aktifitas ekonomi mulai membaik karena masyarakat juga antusias melakukan pemulihan ekonomi ditambah adanya program vaksinasi Covid-19.

Selain itu, lanjut Ibnu Wahid, geliat ekonomi di Baubau juga didorong meningkatnya arus muat barang yang terbilang cukup tinggi dari daerah-daerah cakupan Kepulauan Buton (Kepton) yang episentrum perekonomiannya berpusat di Kota Baubau.

“Dalam mendorong pemulihan ekonomi, Pemkot Baubau mengizinkan objek wisata dibuka dengan harapan sektor pariwisata dapat menunjang peningkatan perekonomian,” pungkasnya.

Terkini