oleh

Peringatan HSN di BPS Sultra Berlangsung Meriah

KENDARI – Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung sangat meriah. Kemeriahan kegiatan tersebut didukung dengan berbagai lomba yang diselenggarakan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Moh. Edy Mahmud mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HSN, pihaknya menggelar beragam kegiatan diantaranya jalan sehat, lomba-lomba seperti memindahkan hulahoop, joget kursi, tenis meja dan lomba laiinya yang diikuti oleh karyawan lingkup BPS se Kabupaten dan Kota.

Dia mengatakan, meriahnya peringatan HSN bukan hanya BPS saja melainkan di dukung semua elemen masyarakat Sultra terutama yang peduli tentang data statistik, baik dari relasi maupun instansi pendidikan.

“Kita juga dapat undangan untuk seminar statistik di Universitas Halu Oleo (UHO) pada Minggu dalam rangka hari yang sama yakni peringatan HSN,” ujar Moh. Edy Mahmud di kantornya, Selasa (25/09/2018)

Lanjut Edy Mahmud, peringatan ini merupakan bentuk kepedulian, fokus, dan perhatian terhadap data-data, karena penyajian data-data statistik ini sangat berguna bagi perencanaan pembangunan daerah.

“Pada kegiatan ini, yang ikut memeriahkan acara penyambutan HSN yakni BPS Provinsi Sultra, BPS kabupaten/kota, seperti Konawe, Bombana, Konawe Selatan (Konsel), Kota Kendari, Dharma Wanita, mahasiswa DIII dan S1 statistik UHO, serta beberapa mitra,” ujarnya.

Rangkaian kegiatannya dimulai jalan santai dan berbagai lomba-lomba sampai sore hari, kemudian dilanjutkan upacara bendera hari statistik, dan reles data indikator sosial ekonomi untuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia menambahkan, untuk mendukung pembangunan daerah, pihaknya bakal menyajikan buku statistik untuk Gubernur Baru dalam menentukan arah kebijakan yang berlandaskan data-data yang akurat dan kapabel.

“Kita sebetulnya sudah menyiapkan buku untuk bekal bagi pemerintah provinsi yang baru, Ali Mazi dan Lukman Abunawas, namun belum sempat menyerahkan karena beliau lagi sibuk,” pungkasnya.


Reporter: Waty