oleh

Peringati HANI 2021, Pemkab Buteng Bersama BNN Kota Baubau Sepakat Perketat Pengawasan Peredaran Narkoba

 

Reporter : Syaud Al Faisal

BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2021 di gedung kesenian Lakudo, Senin 28 Juni 2021.

Pada peringatan HANI kali ini, kegiatan dilakukan secara virtual secara nasional yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Wapres Ma’aruf Amin mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam masa darurat narkoba, untuk itu, Ia berharap agar semua Pemerintah daerah dapat bekerja bersama-sama dalam menanggulangi masalah narkoba.

“Narkoba sudah menjadi musuh kita bersama, mari bersama-sama kita perangi masaalah ini,” ujar Ma’ruf Amin via virtual.

Ditempat yang sama, Sekda Buteng Kostantinus Bukide mewanti-wanti Aparatur Sipil Negara (ASN) Buteng agar menjauhi narkoba. Sebab ada sanksi yang menanti yang diatur dalam PP Nomor 5 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

“Pidana bagi ASN yang terlibat narkoba itu ranah kepolisian, kita hanya terkait dengan status ASN-nya. Bila memang terbukti, maka akan dirapatkan dengan tim penegak disiplin untuk menjatuhkan sanksi,” katanya.

Kostantinus menjelaskan, sebagai langkah taktis untuk memberantas peredaran barang haram tersebut, kedepannya akan dibentuk kampung tangguh disetiap kecamatan yang berfungsi sebagai satuan tugas dalam penanggulangan obat terlarang itu.

“Pemkab Buteng berjanji akan buat satu Desa di setiap kecamatan yang bebas narkoba, sekaligus akan menjadikan satgas yang mengawasi peredaran narkoba,” jelas Konastatinus Bukide.

Menanggapi rencana tersebut, Kepala BNN Kota Baubau, Alamsyah Djufri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemkab Buteng. Menurutnya sudah seharusnya hal tersebut dapat dilakukan disetiap daerah.

“Memang sekarang pemberantasan narkoba harus dimulai dari sektor yang paling kecil, untuk itu kami tetap mendukung apa yang akan direncanakan pemkab Buteng,” pungkasnya.

Peringatan HANI 2021 di Buteng sendiri juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Pemerintah diluar Buteng, diantaranya Sekda kota Baubau, Rony Muchtar, perwakilan DPRD kota Baubau, perwakilan Pemkab Busel, serta perwakilan dari Pemkab Buteng dan DPRD Buton. (ADV)

Terkini