oleh

Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Muna Adakan Perlombaan Jalan Trilomba Juang

RAHA – Dalam rangka memperingati hari jadinya sumpah pemuda ke-90 yang jatuh tiap tanggal 28 oktober, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan perlombaan jalan trilomba juang sejauh 28 kilometer yang akan dilaksanakan pada (27/10) mendatang.

Ketua KNPI Muna, Laode Adi Murad mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas kerjasama pihaknya bersama pemerintah setempat dengan tujuan untuk mengingat kembali ikrar sumpah pemuda yang telah meyatukan kaum pemuda lewat bhineka tunggal ika. Selain itu juga untuk membuka semangat baru dalam memperkokoh dan mempersatukan para pemuda, khususnya di Kabupaten Muna.

“Terwujudnya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan penuh Bung Rusman Emba selaku orang nomor satu di Bumi Sowite, dengan harapan yang sama yaitu untuk menyatukan dan memperkokoh semangat persatuan para pemuda dari berbagai wilayah yang ada di Muna,” kata Laode Adi Murad, Kamis (25/10).

Kata dia, ada tiga kategori yang diikutkan dalam lomba ini, yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Organisasi Kepemudaan (OKP). Untuk rutenya sendiri dimulai dari halaman Galampa Kantolalo menuju seputaran Kota Raha dan berakhir di Desa Watuputih, Kecamatan Watopute.

Pendaftarannya pun telah dibuka sejak beberapa hari lalu, bertempat di sekertariat kantor dinas pemuda dan olahraga (Dispora). Sedangkan untuk total hadiahnya telah disiapkan sebanyak Rp 90 juta. Diantaranya, 15 juta untuk juara I, 10 juta juara II dan 5 juta untuk juara III.

“Setelah ini kita juga akan mengadakan jambore pemuda pada november mendatang, namun tetap masih dengan semangat hari sumpah pemuda,” timpalnya.

“Hari sumpah pemuda bukanlah hanya ceremonial belaka, bahwa disana ada ikrar yang dikumandangkan. Bukan hanya narasi tapi itu menjadi salah satu penguat ideologi kebangsaan, sebagaimana pemuda-pemuda yang ada di wilayah Muna itu diharapkan dapat bersatu dengan adanya kegiatan ini,” cetusnya. (a)


Reporter: Erwino


Terkini