BREAKING NEWS

Peringati HPN 2022, Mentri LHK Siti Nurbaya Gagas Kampung Iklim Wartawan Sultra

423
×

Peringati HPN 2022, Mentri LHK Siti Nurbaya Gagas Kampung Iklim Wartawan Sultra

Sebarkan artikel ini
Tampak Suasana pertemuan dihelat dengan protokol kesehatan yang ketat (Foto: Ist)

Redaksi

JAKARTA – Ketua Panitia Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Auri Jaya beraudiensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Kementerian LHK, Jakarta, Jumat, 10 September 2021. Pertemuan membahas rencana kegiatan peringatan HPN 2022 yang akan diselenggarakan di Sulawesi Tenggara (Sultra), yang puncak acaranya berlangsung 9 Februari 2022 mendatang. Jumat, 10 September 2021.

Auri Jaya mengatakan bahwa isu terkait lingkungan hidup akan menjadi salah satu tema peringatan HPN 2022, selain masalah masa depan wartawan di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan media.

“Masalah lingkungan hidup akan menjadi salah satu isu penting yang diangkat dalam peringatan HPN 2022 karena itu lingkungan hidup masih akan menjadi isu penting dan relevan dalam beberapa tahun mendatang,” ujarnya Jumat, 10 September 2021.

Diskusi mengerucut pada isu perubahan iklim. Setelah mendapat arahan dan masukan dari Menteri KLH Siti Nurbaya, Auri Jaya dan Wakil Bendara Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Dar Edi Yoga setuju kegiatan yang akan dilakukan pada peringatan HPN 2022 antara lain menggagas program Kampung Iklim Wartawan di Kendari.

Baca Juga: Dituding Miliki Tersus Ilegal, Kuasa Hukum PT RJL Angkat Bicara

“Jadi, bisa menjadi program PWI dan Kementerian LHK yakni mangrove, Kampung Iklim Wartawan, dan pelepasliaran satwa dilindungi di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai,” ujar Siti Nurbaya.

Auri Jaya mengatakan, hasil pertemuan dengan Menteri LHK Siti Nurbaya akan segera dikoordinasikan dengan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Selanjutnya, Siti Nurbaya mengatakan, program “Kampung Iklim” akan segera diperkenalkan sekitar Oktober mendatang.

“Nanti diresmikan pada saat puncak Hari Pers Nasional 2022,” tutur Siti.

Peraih gelar doktor dari University of Siegen, Jerman, itu menjelaskan program Kampung Iklim akan diusung pula pada forum The 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26) di Glasgow, Skotlandia pada 31 October 2021.

“Bapak Presiden selalu berpesan agar ketika kami menghadiri forum-forum internasional itu agendanya jelas dan fixed,” ujarnya.

Persiapan peringatan HPN 2022 sudah dilakukan antara lain pada 12 Agustus 2021 PWI Pusat menggelar rapat virtual bersama Pemprov Sultra sebagai tuan rumah.

Diketahui dalam rapat tersebut, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari bersama Sekjen Mirza Zulhadi, Ketua Panitia HPN 2022 Auri Jaya dan pengurus PWI lainnya menyampaikan sejumlah persiapan kepada pihak Pemprov Sultra.

Sejumlah pejabat Kementerian LHK ikut hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Helmi Basalamah, Direktur Konservasi Tanah dan Air Muhammad Zainal Arifin, Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Sri Tantri Arundhati, serta Kabiro Humas KLH Nunu Anugrah.

You cannot copy content of this page