FEATUREDKOLAKA TIMUR

Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Koltim Gelar Tabligh Akbar

319
×

Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Koltim Gelar Tabligh Akbar

Sebarkan artikel ini

TIRAWUTA – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijiriah/ Tahun 2018 Masehi, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kagiatan Tabligh Akbar dengan menghadirkan penceramah dari Makassar Ustadz H Azhar Tamanggong, yang digelar di Lapangan Sepak Bola Nur Latomoro Rate-Rate, pada Rabu (12/9/2018).

Wakil Bupati Koltim Andi Merya Nur, melalui sambutanya menyampaikan suatu kehormatan, karena masyarakat akan mendegarkan tausiyah yang akan disampaikan oleh Ustadz H Azhar Tamanggong, dalam rangka memperingati serta memyambut tahun baru Islam 1440 Hijiriah 2018 Masehi, sehingga dalam menegakkan syariat yang khafah dan ukhuwah Islamiyah dapat terciptanya masyarakat yang damai sejahtera dan bermartabat.

“Melalui kegiatan tabligh akbar ini saya bersama seluruh OPD dan tim pengerak PKK serta seluruh elemen masyarakat mengucapkan selamat tahun baru Islam 1440 Hijiriah, semoga kedamaian kesejahteraan dan keberkahan tercurah di bumi kolaka timur yang kita cintai bersama. Serta rasa terimakasih yg setinggi-tingginya kepada bapak Ustadz H Azhar Tamanggong, yang telah menyempatkan waktu dan kesempatanya mengadiri kegiatan ini,” ucap Merya Nur dihadapan ribuan jamaah.

Sementara itu, Ustadz H Azhar Tamanggong melalui tausiyahnya menyampaiakan, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang juga bertepatan dengan malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa jatuh pada Selasa, 11 September 2018.

Bulan Muharram sendiri menurut Islam merupakan bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar.
Beberapa amalan juga bisa dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru Islam.

“Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa. Selain ibadah puasa ramadan, ada ibadah puasa lain yang dapat dilakukan.
Termasuk puasa yang dilaksanakan pada bulan Muharram,” ucapnya.

“Puasa ini sering disebut puasa Asyura. Niat Puasa Asyura dalam menyambut Bulan Muharram Tahun Baru Islam, bisa hapuskan dosa setahun,” tukasnya.(a)


Laporan: Jaspin

You cannot copy content of this page