NEWS

Perkuat Karakter Siswa, SMPN 9 Kendari Gelar Pesantren Kilat

820
×

Perkuat Karakter Siswa, SMPN 9 Kendari Gelar Pesantren Kilat

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Pelaksanaan Pesantren Kilat digelar oleh SMPN 9 Kendari, yang diikuti oleh siswa/i kelas VII dan VIII. Kegiatan ini sekaligus turut meramaikan Bulan Suci Ramadan 1444 H.

Kegiatan ini diawali dengan Shalat Dhuha berjamaah oleh guru dan murid SMPN 9 Kendari, setelah itu Membaca Surah Yasin, kemudian memulai materi dan diakhiri dengan Shalat Dzuhur berjamaah sebelum pulang.

Hamsing, S.Pd.I, Ketua Panitia kegiatan Pesantren Kilat sekaligus Guru PAI SMPN 9 Kendari mengatakan, pemberian materi sebanyak 3 kali dengan materi yang berbeda begitupun pematerinya.

“Jadi 3 materi tiap hari, dan pemateri ini kita berdayakan guru agama maupun guru umum lainnya” jelasnya.

Penguatan Karakter merupakan tujuan utama dari kegiatan ini, siswa diajak untuk fokus membangun karakter yang positif dalam diri mereka.

“Tantangan terbesar memang membaca Al-Quran, mereka masih terbata-bata, semoga melalui kegiatan ini mereka bisa memperlancar bacaannya” ungkap Hamsing.

Tadarus juga menjadi fokus utama di kegiatan pesantren kilat ini, pihaknya membagi beberapa kelompok khusus yang belum mampu membaca dengan lancar dan benar.

Selanjutnya, untuk kelompok yang mampu membaca Al-Quran diajak untuk membantu atau mengajarkan teman-teman lainnya.

Kepala Sekolah SMPN 9 Kendari, Mansur Mokuni, S.Pd., M.Pd menegaskan melalui kegiatan ini siswa/i mampu mengamalkan segala ilmu yang diberikan para guru.

“Karena mereka itu lebih banyak praktek, wudhu, bacaan shalat, mengaji, muamalah sesamanya, ini lah yang perlu dipahami oleh siswa, agar menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar” ujar Mansur.

Selain itu, Ia juga menjelaskan perlunya metode khusus yang diberikan selama kegiatan ini, agar para siswa/i tidak merasa jenuh tetapi merasa senang menerima materi.

Rangkaian kegiatan ini juga diimbangi dengan berbagi infaq yang telah dilakukan sebelum memasuki bulan ramadan. Infaq disalurkan untuk para siswa/i yang kurang mampu, yatim piatu, serta para tetangga-tetangga sekolah.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page