NEWS

Perpustakaan BI Sultra Gelar Goes To School Hingga Bedah Buku Filosofi Teras

659
×

Perpustakaan BI Sultra Gelar Goes To School Hingga Bedah Buku Filosofi Teras

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Perpustakaan Bank Indonesia (BI) Sultra menggelar Goes To School di 5 sekolah terpilih.

Event ini masih merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Buku Sedunia dan juga Nasional tahun 2023, dan serentak dilakukan seluruh Perpustakaan BI di Indonesia.

Lima sekolah terpilih diantaranya, SMAN 4 Kendari, SMAN 1 Kendari, SMAN 5 Kendari, SMAN 2 Kendari dan MAN Insan Cendekia.

Pustakawan Perpus BI Sultra, Nisa mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari yang dilaksanakan pada jadwal yang ditentukan.

“Jadi tidak berturut-turut selama 5 hari, sudah ada jadwal masing-masing, karena kami juga menyesuaikan waktu dari pihak sekolah, 2 jadwal terakhir yaitu tanggal 23-24 Mei nanti” ujar Nisa.

Hari Buku Tahun 2023 ini, Perpustakaan BI Sultra menghadirkan 4 rangkaian kegiatan kepada masyarakat, diantaranya Lapak Baca, Lomba Reels, Goes To School dan yang menjadi puncak acaranya adalah Bedah Buku Filosofi Teras.

Goes To School telah digelar sejak 16 Mei lalu di SMAN 4 Kendari, kemudian SMAN 1 Kendari pada tanggal 17 Mei, SMAN 5 Kendari pada 20 Mei, dan yang mendatang di SMAN 2 Kendari serta MAN Insan Cendekian pada tanggal 23-24 Mei.

Nisa mengaku melalui event ini pihaknya banyak menyosialisasikan kehadiran Perpustakaan BI Sultra dengan segala fasilitas yang memadai sebagai wadah untuk membaca.

“Jadi masih banyak juga adik-adik yang belum mengetahui kehadiran perpus BI, jadi tentu tugas kami memberitahukan hal ini, selain itu kami juga sosialisasi mengenai ketentuan dan syarat untuk berkunjung ke perpus BI, fasilitas yang bisa dinikmati ketika berkunjung baik secara langsung atau melalui buku elektronik yaitu iBI Library” tambahnya.

Impact luar biasa dirasakan Nisa melalui hadirnya event ini, Ia mengaku setelah beberapa kali melakukan school visit, banyaknya adik-adik yang berkunjung ke Perpustakaan BI Sultra.

“Antusias mereka luar biasa untuk event ini, bahkan setelah mengetahui adanya perpus BI, mereka berkunjung setelah bersekolah” ucap Nisa.

“Harapannya pasti ingin menghadirkan kepada masyarakat informasi yang lebih luas lagi, baik informasi secara fisik dengan membaca buku, ataupun secara elektronik, serta menghadirkan literatur untuk pendidikan masyarakat sehingga minat baca meningkat” tambahnya.

Selain Goes To School, Lapak baca juga telah digelar sebanyak 2 kali pada tanggal 7 dan 21 Mei, kemudian lomba reels yang juga telah menutup periode lombanya pada tanggal 21 Mei dan hanya menunggu pengumuman pemenang pada event Bedah Buku yang akan digelar tanggal 26 Mei 2023.

Bedah buku Filososfi Teras adalah event terakhir dari rangkaian kegiatan hari buku Sedunia dan Nasional 2023, dengan menghadirkan Guest Star Henry Manampiring sebagai penulis buku Filosofi Teras.

“Kami juga mengundang pengulas buku serta stand up comedy, jdi event ini dibuat sesantai dan seasik mungkin, jdi tidak nampak bosan untuk para peserta” tutupnya.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page