oleh

Pertama Kalinya, Event Kejurda Adventure Extreme Off-Road Bakal Digelar di Koltim

LADONGI – Untuk pertama kalinya, Event Kejuaraan Daerah (Kejurda) Adventure Extreme Off-Road bakal digelar di Sirkuit Bukit Welala, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 22 April 2018 mendatang.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Ismail Iskandar mengatakan, penyelenggaraan Event Kejurda Adventure Extreme Off-Road baru pertama kalinya akan digelar di Koltim dan pihaknya yang tergabung dalam kepanitian sangat antusias menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Ini sebelumnya tidak pernah ada kegiatan Offroad di tengah Kolaka Timur. Kami sangat mengharapkan dukungan semua kalangan agar kegiatan ini terselenggara dengan baik, karena Offroad sangat asing bagi masyarakat,” ucap Ismail saat menggelar rapat kegiatan di Kelurahan Welal, pada Sabtu (24/3/2018).

Ia menambahkan, setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 20 peserta yang telah mengkonfirmasi akan ikut dalam kegiatan tersebut.

Ismail menargetkan, hingga hari pelaksanaan peserta akan bertambah hingga sekitar 50 peserta.

“Peserta berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Kendari, Konawe, Muna dan hingga Sulawesi Selatan, Gorontalo. Sisanya, sekitar 50 persen peserta berasal dari Kolaka Raya,” urainya.

BACA JUGA: KNPI Wakatobi Sponsori Kejurda Seri Dua Motoprix Open Tournament 2018

Ismail menerangkan, nantinya peserta akan menjajal sembilan track yang disediakan. Setiap track rata-rata memiliki panjang 500 hingga 800 meter. Kontur tiap track-nya pun cukup menantang bagi para Offroader.

Adventure Extreme Off-Road
Adventure Extreme Off-Road

“Track yang tersedia ada satu sampai sembilan. Insha Allah akan menghasilkan persaingan tersendiri bagi para peserta,” tuturnya.

Itu karena, kata dia, track yang disediakan akan ada “Jebakan Batman” sehingga Offroader dipastikan tidak bisa memacu dengan kencang mobilnya. Selain itu, lokasi yang saat ini pengambilan timbunan bentuk tanah yang berbeda.

“Memang medan sangat extrim. Tapi yang kami inginkan adalah pada Offroader baru ini bisa mencicipi setiap track dan lokasi yang berbeda. Kami ingin memberikan pengalaman berbeda kepada mereka,” katanya.

Sementara itu Ketua Club Nemal four by four Koltim, Muhammad Alwi Akib dalam kegiatan tersebut terlibat sebagai penyelenggara mengatakan, kategori lomba di bagi menjadi dua Class Winc Offroad dan Class Racing Offroad.

“Nantinya akan menggunakan sepertiga lahan dari 16 Hektare di Bukit Welala,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, hingga saat ini pihaknya terus menyempurnakan persiapan untuk event Kejurda untuk Offroader ini.

Diantaranya adalah pembuatan lintasan, sarana dan prasarana hingga persiapan terkait teknis kegiatan dalam kegiatan ini juga melibatkan beberapa tokoh masyarakat, pemuda dan TNI-POLRI.

Reporter: Jaspin
Editor: Kardin

Terkini