oleh

Pesan Wabup Konawe Selatan ke Atletnya : Pelajari Kekuatan dan Kelemahan

Reporter : Erlin
Editor : Ardilan

KONAWE SELATAN – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Rasyid memberikan petuah bijak kepada atlit bulutangkis asal Kecamatan Kolono bernama Tiara Sri Wulandari yang akan mewakili Konsel dan Sultra dalam ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke- XX Tahun 2021 di Papua.

Petuah itu yang diberikan oleh Rasyid kepada Tiara yakni dalam berlaga nanti Tiara harus bisa mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan mainnya saat bertanding kelak.

Menurutnya, Tiara dapat memenangkan pertandingan bila dapat mengetahui kedua hal tersebut sesuai strategi militer panglima perang pada masa Tiongkok kuno, Sun-Tzu.

“Untuk bisa memenangi suatu pertandingan, sesuai teori jenderal perang china Sun Tzu maka pelajari kelemahan dan kekuatan lawan, arena atau medan pertandingan, arah, iklim dan ikut komando serta taat seluruh aturan karena bukan hanya bulutangkis, semua bidang cabang olahraga dan sendi kehidupan termasuk politik,” ungkap Wabup Konsel, Rasyid dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu, 22 September 2021.

 

Rasyid juga mengingatkan Tiara untuk menjaga nama baik dan citra daerah dengan selalu fokus, menjaga kesehatan dan imun serta menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebab, pertandingan digelar ditengah situasi pandemi covid-19.

Ia mengatakan selain mempunyai mental, fokus, semangat juara dan disiplin berlatih, Tiara juga harus mampu mengukur karateristik permainan lawan tanding dengan mempelajari jejak rekam memanfaatkan seluruh sumber informasi yang ada.

Mantan legislator Sultra ini berharap Tiara mengedepankan sportifitas dalam bertanding nanti. Ia juga meminta Tiara mengeluarkan kemampuan terbaiknya agar dapat mengharumkan nama daerah di ajang Nasional tersebut.

“Selalu jaga kesehatan dan patuhi aturan protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar pertandingan hingga kembali ke daerah asal. Manfaatkan momen semaksimal mungkin sehingga dapat mengharumkan nama daerah,” pintanya.

Sementara itu, Tiara menambahkan dirinya akan berusaha menerapkan petuah yang telah diberikan oleh Rasyid.

“Doakan dan dukung saya ya untuk memanfaatkan momen ini demi meraih prestasi setinggi-tingginya. Sesuai persiapan Insya Allah akan persembahkan yang terbaik bagi daerah pada ajang ini,” kata Tiara saat didamping ayahnya.

Sebagai informasi, Tiara merupakan pelajar tingkat SMA. Ia adalah satu-satunya atlet asal Konsel yang lolos ke PON pada cabor Bulu Tangkis. Bersama empat rekan lainnya, Tiara dijadwalkan berangkat ke Papua Senin, 27 September 2021.

Terkini