NEWS

Pimpin IKAPERMAB-Yogyakarta, Ahlan Siap Kenalkan Budaya Bombana

827
×

Pimpin IKAPERMAB-Yogyakarta, Ahlan Siap Kenalkan Budaya Bombana

Sebarkan artikel ini

Reporter : Hasrun
Editor : Kang Upi

YOGYAKARTA – Ahlan, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta terpilih sebagai ketua umum Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Bombana (IKAPERMAB) – Yogyakarta untuk periode 2020 – 2021.

Ia dipilih dalam Musyawarah Besar (Mubes) IKAPERMAB yang digelar di Balai Kebrokan, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta mulai 26 – 28 Januari 2020 kemarin.

Atas amanah yang diembannya kini, Ahlan menegaskan jika organisasi yang dipimpinnya itu akan berperan aktif menjadi benteng utama untuk mengenalkan kekayaan budaya Bombana di Yogyakarta.

Menurutnya, IKAPERMAB akan bekerja sama dengan pemerintah sebagai mitra dalam memperkenalkan budaya Bombana, melalui koordinasi dengan Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah (IKPMD).

“Kita juga akan pro aktif dalam mengawal dan menanggapi isu sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia khususnya di Bombana sebagai basis cultural IKAPERMAB,” jelasnya via Whatsapp, Rabu, 29 Januari 2020.

Untuk program kerja, kata Ahlan, dirinya berkomitmen untuk melengkapi database pelajar dan mahasiswa asal Bombana yang melanjutkan studi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Membentuk SDM yang berkompeteten dan berintegritas, meningkatkan peran aktif mahasiswa sultra dalam berorganisasi, menyalurkan bakat, melestarikan kebudaayaan dan kepedulian terhadapa masyarakat,” tambahnya.

Dijelaskannya juga, kedepan dirinya akan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, pemerintah, dan lembaga organisasi masyarakat kedaerahan lainnya.

Ahlan juga menuturkan, dari segi keilmuan, dirinya berencana membentuk lembaga kajian yang secara khusus membahas ilmu pengetahuan, baik budaya, sosial, ekonomi dan politik serta lingkungan hidup.

“Dan yang tak kalah pentingnya kami akan membangun komunikasi dengan Pemkab Bombana, karena IKAPERMAB Yogyakarta merupakan bagian dari generasi harapan masa depan Bombana,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, hingga satu dekade sejak organisasi didirikan belum pernah sekalipun mendapat bantuan dari Pemkab Bombana, baik berupa bantuan financial maupun berupa beasiswa pendidikan.

“Untuk itu memang tidak kalah penting untuk membangun komunikasi dengan Pemkab Bombana,” tegasnya.

Sementara itu, mantan ketua umum periode sebelumnya, Fendy  berpesan bagi para kader IKAPERMAB harus memiliki jiwa yang tinggi, rasa tanggung jawab dan kekeluargaan yang solid.

Kader IKAPERMAB juga harus membangun sinergitas dan harmonisasi sesama warga Sultra di Yogyakarta, juga diharapkan selalu tanggap dalam merespon serta kritis terhadap fenomena sosial.

“Harapan terbesar saya adalah, kelak kader – kader terbaiklah yang menjadikan penerus IKAPERMAB selanjutnya,” ujarnya.

You cannot copy content of this page