NEWS

Pintu Masuk Kota Baubau Bakal Diperketat Jelang Lebaran

890
×

Pintu Masuk Kota Baubau Bakal Diperketat Jelang Lebaran

Sebarkan artikel ini
Terkait larangan mudik lebaran, Pemkot Baubau bakal perketat penjagaan pintu masuk. Foto: Adhil/MEDIAKENDARI.COM

 

Reporter: Adhil

BAUBAU – Pintu masuk Kota Baubau bakal diperketat jelang lebaran Idul Fitri tahun ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse usai rapat koordinasi nasional secara virtual yang dipimpin Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 21 April 2021.

“Saya berharap peran serta partisipasi seluruh pihak bisa membantu mencegah makin menularnya Covid-19,” kata Ahmad Monianse pada Kamis, 22 April 2021.

Ahmad Monianse juga mengungkapkan, seluruh bahan pembahasan dalam rapat tersebut bakal dijadikan acuan Pemerintah Kota Baubau untuk menentukan kebijakan baru di daerah. Kebijakan yang dimaksud di antaranya penerapan larangan mudik lebaran, penerapan protokol kesehatan guna menghindari adanya kerumunan, serta mengawal ketat pelaksanaan Idul Fitri mendatang.

Ahmad Monianse menegaskan, larangan mudik tak hanya bakal diberlakukan untuk warga dari luar Sulawesi Tenggara, tetapi pemudik lokal yang ingin masuk Kota Baubau juga akan diperiksa ketat. Mereka wajib melaporkan diri ke posko yang disiapkan Pemkot Baubau untuk memudahkan proses pemantauan.

Hal senada diungkapkan Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari. Ia menegaskan, jajaran Polres Baubau bersama TNI dan instansi terkait lainnya bakal berkolaborasi mengamankan setiap pintu masuk Kota Baubau.

Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya masyarakat yang nekat melakukan mudik lebaran baik yang dari Kota Baubau maupun yang akan datang ke Kota Baubau. Ia.mengatakan, jika ditemukan hal demikian maka yang besangkutan bisa diberikan sanksi tegas.

“Sanksinya itu bisa berupa denda atau sanksi administrasi. Bahkan yang bersangkutan juga bisa disuruh pulang ke daerah asalnya jika mereka ditemukan nekat lakukan mudik. Nah kalau mudik kan pasti bertemu orang tua di kampung halaman, itu yang kita hindari karena orang tua itu usia yang sangat rentan terpapar Covid-19,” kata Rio Tangkari.

Meski Kota Baubau saat ini masuk dalam daerah zona hijau, tetapi pengawasan ketat bakal terus dilakukan sesuai instruksi pemerintah pusat yang disampaikan lansung Kapolri dalam rapat koordinasi tersebut. (B)

You cannot copy content of this page