NEWS

Pj Bupati Kolaka Utara Tanam Satu Juta Patok Batas Secara Simbolis

1431
×

Pj Bupati Kolaka Utara Tanam Satu Juta Patok Batas Secara Simbolis

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Kolaka Utara Parinringi,SE.,M.Si (baju hitam) tanam patok secara simbolis,Jumat 03/02/2023 (Pendi)

KOLAKA UTARA, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melaksanakan program gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gema patas) yakni satu juta patok yang merupakan program Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pj Bupati Kolut, Parinringi menanam sejuta patok secara simbolis di Kelurahan Olo-oloho Kecamatan Pakue, Jum’at (03/02/2023).

Parinringi mengatakan di tahun 2022, Kolut berhasil menyukseskan program pendaftaran tanah sistem lengkap (PTSL) sebanyak 4.442 bidang tanah.

“Sertifikat lintas sektor sejumlah 120 sertifikat untuk nelayan dan UKM, sertifikat aset pemerintah  sejumlah 17 bidang untuk pemerintahan daerah dan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Ia mengaku kesuksesan penyelesaian kegiatan program strategis nasional tersebut merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemda, BPN Kolut dan dukungan dari pemerintah desa setempat serta partisipasi masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPN Kolut, Fajar mengatakan pemasangan patok tanda batas tanah satu juta patok secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Fajar mengungkapkan program Gema patas ini untuk menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang tanda batas pada tanah yang dimilikinya. Untuk pengamanan aset, menjamin kepastian batas bidang tanah dan meminimalisir permasalahan sengketa batas tanah.

“Panjang patok sekurang-kurangnya 50 cm dengan uraian 30 cm dimasukkan di dalam tanah dan 20 cm yang muncul dan diberi tanda cat warna merah patok ini diharapkan anti cekcok, anti caplok,” ujar Fajar.

 

Reporter : Pendi

You cannot copy content of this page