INDONESIANEWSPemerintahanPROV SULTRASULTRA

Pj. Gubernur Sultra Terima TPID Award Kategori Berkinerja Terbaik Provinsi Tahun 2024 dari President

750
×

Pj. Gubernur Sultra Terima TPID Award Kategori Berkinerja Terbaik Provinsi Tahun 2024 dari President

Sebarkan artikel ini

KENDARI, mediakendari.com – Sekretaris Daerah Prov. Sultra (Sekda Sultra), Drs. H Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan Reward Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting, Jumat (14, Juni 2024).

Rakor secara virtual yang dilaksanakan serempak diseluruh Indonesia dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, Gubernur Bank Indonesia, Para Menteri Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Negara, Para Gubernur, Walikota dan Bupati.

Pada Jajaran Pemerintah Provinsi Sultra yang mengikuti kegiatan ini Sekda Sultra, Deputi Bank Indonesia Sultra, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sultra, Anggota TPID Sultra, Perwakilan BPS Sultra dan Penjabat terkait lainnya.

Rakor ini mengangkat tema ” Pengamanan produksi dan peningkatan efisiensi rantai pasok untuk mendukung stabilitas harga”

Kegiatan diawali dengan, Sambutan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa sesuai dengan kebijakan dari keterjangkauan harga, ketersediaan pasukan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif. terutama kebijakan fiskal, moneter dan sektor riil sehingga inflasi tetap terjaga.

beberapa hal yang dilakukan antara lain Pertama, stabilisasi harga untuk mengatasi kenaikan harga dalam jangka pendek melalui penyaluran SPHP.
Kedua, peningkatan produksi dengan penambahan alokasi pupuk subsidi maupun akses pembiayaan untuk sektor pertanian.
Ketiga, memastikan kelancaran distribusi terutama untuk 10 komoditas pangan strategis oleh Badan Pangan Nasional (BPN) RI dan optimalisasi tol laut untuk daerah yang tertinggal, terpencil dan terluar.

Pengumuman TPID Awards 2024. Sulawesi Tenggara mendapatkan predikat TPID Provinsi Berkinerja Terbaik yang terdiri dari 5 (lima) Provinsi.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo, mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Yang sudah bekerja dan berusaha keras, mengendalikan inflasi, sehingga pada bulan Mei lalu Inflasi berada di angka 2,84%. Angka tersebut, merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Capaian inflasi yang baik itu turut berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi (PE) yang baik. Sebaliknya, angka inflasi yang terlalu tinggi akan membebani pertumbuhan ekonomi.

Presiden RI, mengingatkan bahwa capaian yang baik harus tetap dijaga. Ia meminta seluruh pihak untuk tetap waspada dan hati-hati serta tidak boleh lengah karena tantangan ke depan akan semakin tidak mudah.

Usai mengikuti Rakornas, Sekda Sultra Asrun Lio, mengucapkan terimakasih atas kerja keras yang telah dilakukan. Pemerintah Pusat memberikan apresiasi kepada TPID Sultra dengan kategori TPID Berkinerja Terbaik.

Lebih lanjut Sekda sampaikan untuk TPID agar terus mengecek pasar dan stabilisasi harga menjelang hari raya Idul Adha. (red)

You cannot copy content of this page