KOLAKA TIMURSULTRA

PMD Koltim Gagas Pengembangan Aneka Buah di Semua Desa

517
×

PMD Koltim Gagas Pengembangan Aneka Buah di Semua Desa

Sebarkan artikel ini
Tenaga Ahli Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Amran Apt. (Foto : Jaspin/Mediakendari.com)

Reporter : Jaspin
Editor : Def

TIRAWUTA – Setelah sukses menggembangkan aneka buah di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Koltim optimis akan mampu mengembangkan tanaman hortikultura ini ke semua desa.

“Tanaman buah ini memang sangat cocok untuk dikembangkan di Koltim. Apalagi bupati telah menekankan bakal menjadikan buah “Melon” sebagai icon,” ucap Tenaga Ahli PMD Koltim, Amran yang ditemui media ini Jumat (8/2/2019).

Untuk itu, kata Amran, pihaknya bakal mengagas desa-desa yang memang sangat berpotensi untuk dibudidayakan tanaman melon tersebut. Sehingga Bumdes juga terlibat didalamnya.

“Saya pikir ini adalah terobosan baru untuk Koltim, apalagi Bupati sudah mendukung dari segi alat modernnya, seperti Hand Traktor, Alkon pengisap air, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Kerja sama dari berbagai sektor, lanjut dia, memang sangat penting. Apalagi saat ini sudah ada Dinas Perkebunan dan Holtikultura, akan lebih baik lagi. Sehingga program-program bapak Bupati menjadikan Koltim sebagai agrobisnis, akan tercapai dengan hasil yang sangat baik.

“Tahun ini sudah lahir satu dinas yakni Dinas Perkebunan dan Holtikultura. Jadi program jelas sudah akan tertata dengan baik. Saya sebagai tenaga ahli di PMD Koltim, tinggal mengarahkan desa-desa bagaimana bertani modern dengan baik,” tuturnya. (B)

You cannot copy content of this page