FEATUREDHUKUM & KRIMINALKendari

Polda dan BNNP Sultra Gelar Pemeriksaan Urine di Bandara Haluoleo Kendari, Ini Hasilnya

529
×

Polda dan BNNP Sultra Gelar Pemeriksaan Urine di Bandara Haluoleo Kendari, Ini Hasilnya

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Dalam rangka operasi lilin pengamanan Natal dan tahun baru, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersamam Polda Sultra melakukan pemeriksaan tes urine terhadap personel crew maskapai penerbangan Bandara Haluoleo, pada Sabtu (39/12).

Pemeriksaan tes urine dilakukan kepada crew penerbangan yang terdiri dari Kapten, Kopilot, Pramugari/Pramugara. Pemeriksaan tes urine pada dua maskapai yaitu dua dari Maskapai Garuda Indonesia dan dua penerbangan dari Lion Air.

Awal pemerinsaan dilakukan kepada tuju personil crew penerbangan dari pesawat Garuda Indonesia, dari hasil pemeriksaan tes urine, tuju personel tersebut dinyatakan negatif.

Kepala BNNP Sultra, Heru Tegus Prayitni mengatakan, dilakukannya tes urine di Bandara Haluoleo untuk mengantisipasi agar para penumpang yang sedang melakukan cuti Natal dan tahun baru dapat merasakan kenyamanan serta tidak dikawatirkan adanya pilot yang mengunakan Narkotika.

“Kalau ada yang positif menggunakan Narkotika dari crew atau Pilotnya, tentu saja itu akan membahayakan para penumpang,” ujarnya.

Tempat yang sama, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, dilakukannya pengecekan dibeberapa tempat salah satunya Bandara Haluoleo, merupakan dukungan terhadap BNN dan telah dilaksanakan dibeberapa tempat.

Kapolda Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto saat diwawancarai awak media. (Foto: Ruslan)

“Kami melaksanakan pemeriksaan dalam rangka operasi lilin, esensinya untuk keamanan, kenyamanan bagi para penumpang pada saat naik pesawat,” ungkap Andap saat ditemui di ruangan pemeriksaan tes urine.

Sementara itu Kepala Bandara Haluoleo, Rudi Richard mengatakan, pihak Bandara sangat berterimakasih kepada kepada BNNP dan Polda Sultra. Karena hal tersebut berkaitan dengan sinergitas.

“Kami siap dukung Polda dan BNN Sultra berkaitan dengan antisipasi dalam memberantas narkoba,” tuturnya.

Lanjut Rudi, untuk peralatan yang dimiliki oleh pihak bandara telah cukup memadai untuk mendeteksi penumpang yang membawah narkoba. Seperti peralatan X-Ray, Walk-Through Metal Detector, dan Hand-Held Metal Detector.

“Kami berupaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), personel keamanan agar bisa melakukan mitigasi, memprofiling, serta mendeteksi barang-barang narkoba,” katanya.

“Kami juga mohon dukungan Polda dan BNN Sultra untuk mengupgrade para personel keamanan kami agar bisa mendeteksi melalui peralatan X-Ray. Mudah-mudahan narkoba di Sultra bisa diberantas,” harapnya.

Reporter: Ruslan
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page