FEATUREDHUKUM & KRIMINALPERISTIWA

Polres Baubau Kawal Jenazah Korban Pembunuhan Hingga ke Liang Lahat

413
×

Polres Baubau Kawal Jenazah Korban Pembunuhan Hingga ke Liang Lahat

Sebarkan artikel ini

BAUBAU – Pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018 sekitar jam 12.30 wita bertempat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Islam, Polres Baubau kawal pemakaman Almarhum Rudi Bin La Judi, korban penganiayaan meninggal dunia di Jalan Bataraguru Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Baubau, Kasat Intelkam Polres Baubau AKP. Muh. Salam, SH. MH, Kasdim 1413 Buton, Kasat Binmas Polres Baubau AKP. Safaruddin, S.IP., Kapolsek Wolio IPTU Syukri Masse dan sanak keluarga korban almarhum Rudi Bin La Judi yang berjumlah sekitar 100 orang.

Pemakaman disempatkan pemberian sepatah kata dan himbauan kepada keluarga almarhum Rudi Bin La Judi, agar pihak keluarga dapat menyerahkan permasalahan yang dialami oleh almarhum ditangani oleh pihak kepolisian.

BACA JUGA: Terduga Pelaku Pembunuhan Warga di Baubau dalam Bidikan Kepolisian

Potensi konflik saat ini Polres Baubau berupaya menangani dengan baik dan tidak ada pergerakan massa dengan melakukan tindakan sebagai berikut :

  1. Jajaran Sat Intelkam langsung menempel pada tokoh pemuda penggerak massa
  2. Jajaran Bhabinkamtibmas masuk ke kantong2/rumah tempat berkumpul massa untuk secara persuasif memberi pengertian
  3. Sat Sabhara melakukan patroli Trail Roda 2 bersenjata lengkap ke perbatasan untuk Show of Force
  4. Sat Lantas melakukan imbangan razia di sekitar lokasi yang menjadi target pengumpulan massa sekaligus melaksanakan Ops Patuh 2018 dan memecah keinginan berkumpul
  5. Jajaran Satreskrim melakukan pengejaran terhadap pelaku
  6. Sebagai antisipasi saat ini sudah standby pasukan cadangan di Mako Polres Baubau:
  • 1 SST Patmor Raimas Polres Buton.
  • 1 SST Patmor Raimas Kompi Brimob Batauga.
  • 1 SSK Pers Kodim 1413 Buton.

7. Kapolres melakukan kordinasi dengan Walikota untuk membantu memelihara situasi melalui Jajaran Staf Pemkot/Camat/Lurah.

8. Unit Cybercrime Polres Baubau melakukan patroli medsos untuk menindaktegas penyebar hoax, postingan provokatif dan ujaran kebencian/hasutan untuk menggalang massa berkaitan kasus tersebut.

Kapolres Baubau, AKBP Daniel W Mucharam menuturkan bahwa penaganan pembunuhan almarhum Rudi menjadi perhatian khusus polisi untuk mengungkap pelaku pembunuhan serta menangani potensi konflik di Baubau.

“Situasi secara umum kondusif dan terkendali serta pihak keluarga dapat mengikhlaskan almarhum Rudi Bin La Judi, selama proses pemakaman berlangsung dalam pemantauan pihak kepolisian,” ujarnya.

Daniel mengatakan Polres Baubau telah mengambil langkah-langkah simpatik yang dilakukan dalam kasus tersebut diantaranya.

  1. Pemberian tali asih kepada isteri almarhum
  2. Melayat ke rumah duka
  3. Melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup selama proses pemakaman
  4. Melakukan monitoring terhadap keluarga korban Almarhum Rudi Bin La Judi, atas kemungkinan terjadinya aksi balasan
  5. Mengangkat keranda jenazah dari rumah ke pemakaman.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, karena pemerintah dan kepolisian Kota Baubau telah melakukan upaya strategis sehingga potensi konflik tidak melebar agar dan kondisi dapat dipastikan kembali normal.


Redaksi

You cannot copy content of this page