Polres Buton Beri Pengobatan Gratis di Lapandewa

Reporter: Basri
Editor: La Ode Adnan Irham

BATAUGA – Polres Buton menggelar pengobatan gratis di Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Rabu (4/12/2019).

Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta silaturahmi Kapolres Buton, AKBP Agung Ramos Peratongan Sinaga yang baru menjabat.

Pengobatan gratis yang dipusatkan di Gedung Sipanjonga, Desa Lapandewa Jaya itu, juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Buton Selatan dan Bhayangkari Cabang Buton.

Empat dokter disiapkan dalam kegiatan sosial itu. Ratusan masyarakat memanfaatkan momen itu dengan yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

Selain pelayanan pengobatan gratis, juga memberikan bantuan sembako bagi 10 warga lanjut usia (Lansia) berstatus janda.

Kapolres menyebut, hal itu wujud kepedulian Polisi kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan kepolisian saling menjaga kedekatan tanpa ada sekat.

“Jadi dengan begitu masyarakat akan mencintai kepolisian, dan saya sangat ingin seluruh anggota dari Polres hingga Polsek wajib turun langsung temui masyarakat, jalin silaturahmi untuk memberikan pelayanan dan perhatian,” imbaunya.

Ketua Bhayangkari Cabang Buton, dr. Nisle Purada Ramos, mengaku prihatin banyak warga yang menyampaikan keluhan penyakit.

“Masyarakat yang antusias tadi itu kebanyakan penderita penyakit darah tinggi dan ada juga yang datang dengan riwayat stroke juga penyakit gula,” tuturnya.

Menurut istri Kapolres Buton itu, melalui rangkaian pengobatan gratis yang merupakan kali keempat di wilayah hukum Polres Buton itu, pihaknya dapat mendengar langsung keluhan masyarakat, khususnya terkait minimnya askes pelayanan kesehatan di wilayah yang berjauhan dengan Puskesmas.

Baca Juga :

“Jadi saya berharap melalui kegiatan ini, instansi terkait akan punya inspirasi lagi ke depannya meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang jauh dari akses kesehatan,” harapnya.

Kepala Desa Lapandewa Jaya, Amas SH, mengapresiasi kegiatan sosial tersebut. Ia berterima kasih kepada Polres Buton dan pihak yang ikut terlibat.

“Mewakili masyarakat kami berterima kasih karena poinnya sangat positif sekali, selain agenda sosial yang diberikan, juga kami diberikan bocoran bagaimana pemerintah desa bersama para tokoh adat dan agama serta tokoh masyarakat dalam peranannya ikut menjaga ketertiban dalam bermasyarakat,” tutupnya. (B)