NEWS

PPI Dunia Diminta Berkontribusi Pada Hubungan Persahabatan China-Indonesia

3519
×

PPI Dunia Diminta Berkontribusi Pada Hubungan Persahabatan China-Indonesia

Sebarkan artikel ini

KONAWE – MEDIAKENDARI.COM: Duta Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia, Lu Kang, menyampaikan sambutan secara daring dalam pembukaan acara Pelantikan Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) 2022/2023 bertepatan pada hari Minggu tanggal 26 November 2022.

Sejalan dengan tema pelantikan “SDSs dan Peran Pemuda Indonesia: Menuju Bangsa Pemenang”, Lu Kang mengimbau para mahasiswa untuk terus menggalakkan serta menyuarakan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Ia juga membahas mobil elektronik karya Wuling China yang sempat menjadi sorotan pada kegiatan KTT G20 yang beberapa waktu lalu dilangsungkan di Bali sebagai pemantik semangat.

Lu Kang menerangkan kepada para mahasiswa yang dilantik tentang pentingnya membangun kawasan industri sebagai bentuk peningkatan pembangunan berkelanjutan.

Beliau memberikan gambaran umum melalui pengembangan VDNIP Industrial Park, sebuah kawasan industri modern di Sulawesi yang diinvestasikan oleh perusahaan China yang berfokus pada industri nikel.

Kawasan tersebut sekaligus merupakan tempat berlangsungnya acara pelantikan sore itu. Lu Kang menyatakan bahwa mahasiswa yang hadir akan melakukan tur pabrik pada akhir acara untuk menunjukkan salah satu bentuk capaian kerjasama China-Indonesia.

“Kerjasama antara China-Indonesia telah memberikan hasil yang nyata, tidak hanya menguntungkan kedua belah pihak, namun juga memberikan dampak positif di tingkat regional dan global”, ucap Duta Besar, Lu Kang.

Pada kesempatan ini, Duta Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia itu juga menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama yang telah terjalin dengan sangat baik sampai saat ini antara China dan Indonesia.

Melalui sambutan tersebut, ia menyegarkan kembali ingatan para hadirin akan keberhasilan kerjasama kedua negara tersebut yang dicerminkan dari hubungan yang saling menguntungkan.

Tentunya beliau juga menerangkan asas-asas kerjasama ChinaIndonesia yang menyebabkan hubungan yang baik antara kedua belah pihak dapat diteruskan.

Asas-asas tersebut di antaranya yaitu bersama-sama dalam cita-cita bersama, saling menghormati, saling menguntungkan, sebagai contoh dalam keadilan serta menjadi pionir dalam kerjasama South-South.

Lu Kang menegaskan bahwa hubungan kerjasama antara negeri tirai bambu dan zamrud khatulistiwa ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan. Salah satu contohnya yaitu kerjasama di bawah kerangka Global Development Initiative dalam mempercepat penanaman titik pertumbuhan baru seperti pengembangan daerah penghijauan dan ekonomi digital.

“Saya akan terus mempromosikan kerjasama antara kedua negara China-Indonesia. Hal ini pasti akan mewujudkan lebih banyak prestasi dan pencapaian ke depannya”, tuturnya.

Sebelum menutup sambutannya, Duta Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia itu menyampaikan harapannya di hadapan mahasiswa Indonesia yang belajar di berbagai belahan dunia yang berhadir pada acara itu agar semakin banyak anak muda yang turut berpartisipasi dan berkontribusi pada persahabatan kedua negara China-Indonesia.

You cannot copy content of this page