NEWS

PPSDM Geominerba Gelar Pelatihan dan Pendidikan Pengusaha Batu Hias dan Batu Mulia di Sultra

727
Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud dalam sambutannya

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – PPSDM Geominerba menggandeng Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan dan pendidikan (Diklat) bagi masyarakat atau pengusaha batu hias dan batu mulia di Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan ini di gelar di salah satu hotel Kota Kendari dari Senin – Jumat (04-08/11/22).

Kegiatan ini diikuti 20 peserta orang yang merupakan masyarakat pengrajin dan calon pengrajin.

Anggota Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud mengatakan kegitan ini dapat merefleksi pengusaha batu hias dan batu mulia di Sultra.

Baca Juga : Handy Tuahatu Bawa Tim ARS Vendora Juarai Motoprix Bhayangkara Cup

“Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam mengembangakan pengusahaan batu mulia dan batu hias, utamanya semangat bagi para pengusaha dalam mengembangkan kreatifitas pada pembuatan batu hias dan batu mulia di Sultra,” ungkapnya saat ditemui media ini, Senin, 04 Juli 2022.

Dikatakannya, melihat potensi data geologi di Sultra, yang banyak menghasilkan banyak batu mulia dan batu hias sehingga bisa menjadi inspirasi barut dalam menciptakan pengrajin baru.

” Kemudian menumbuhkan semangat menjadi wirausaha baru. Khussnya menjadi pengusaha batu hias dan batu mulia di Sultra,” terang mantan Bupati Kolaka Utara dua periode ini.

Baca Juga :Pemkot Kendari Gelar Syukuran dan Doa Bersama untuk Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD

Ditempat yang sama Hasbalah Idris mewakili Kadis ESDM Sultra, Andi Asis dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri ESDM

“Bahwa bantuan diklat dan masyarakat di daerah pengahasil batu hias dan batu mulia akan mendaptkan bantuan kecuali dari daerah terpencil atau terdepan atau terluar,” ungkapnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam mengembangakan pengusahaan, serta para peserta mampu mengenal dan memahami potensi batu hias dan batu mulia.

Baca Juga : Kadis Kominfo Klarifikasi Saweran Gubernur Sultra Saat HUT Butur adalah Tradisi Pikoelaliwu Bukan Pasali

“Dengan ketekunan peserta bisa menghasilkan kerajian cantik seperti cincin dari batu mulia dan batu hias ini,” jelas Hasbalah.

Ia menambahkan para peserta juga dapat meningkatkan kemapuannya sebagai pengrajin dan dapat mendukung kreatifitas pengrajin.

“Sehingga melalui diklat ini para peserta diharapkan dapat mengembangkan batu mulia dan batu hias di daerahnya masing-masing,” pungkasnya

Reporter : Sardin. D

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version