oleh

Prajurit TNI Bantu Cerdaskan Masyarakat Lasalimu Selatan Bermedsos

 

Penulis : Ardilan

BUTON – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 ikut membantu mencerdaskan masyarakat dari tiga Desa di Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton bermedia sosial (Bermedsos) melalui pelatihan bermedia sosial yang baik dan sehat.

Pelatihan dimaksud melibatkan masyarakat secara umum dan para pelajar dari masing-masing Desa Sangia Arano, Mulya Jaya dan Harapan Jaya.

Dandim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan melalui Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK), Letda Infantri Ridwan mengungkapkan pihaknya mengajarkan cara bermedsos yang baik karena medsos memberikan dampak yang tidak baik khususnya dikalangan masyarakat usia remaja dan pelajar.

Ia menegaskan pelatihan ini tetap menyesuaikan arahan dan komando dari Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangeruka.

“Kita berikan mereka penyuluhan agar bisa lebih cerdas bermedia sosial karena media sosial ini banyak dampak negatifnya,” ucap Letda Infantri Ridwan, Senin 22 Maret 2021.

Sementara itu, pemateri pelatihan bermedsos yang baik dan sehat, Wa Ode Epayanti menjelaskan banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat sehingga salah menggunakan medsos utama kalangan remaja dan pelajar diantara kurangnya pengawasan orang tua.

Selain itu, lanjut Epayanti, yang juga menjadi faktor penyebab penyalahgunaan medsos adalah lingkungan tempat tinggal

“Apalagi dengan keterbukaan informasi seperti saat ini, di usia rentan seperti itu harus dibekali dengan pamahaman bagaimana bermedia sosial yang baik, sehat dan aman. Harapannya agar generasi muda tidak terjerumus ke hal negatif dari media sosial,” tuturnya.

Ia menambahkan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat agar bijak bermedsos.

Terkini