oleh

Program Hibah Jalan di Sultra, Dimulai Januari 2019

Reporter : Rahmat R.

Editor : Indi

KENDARI – Proyek Program Hibah Jalan yang berhasil diterima oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal dimulai pada Januari 2019 mendatang. Program ini diterima oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra.

Plt Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan mengatakan program tersebut hasil kerjasama pemerintah Australia dengan pemerintah pusat (Bappenas, Kemendagri, Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan).

Beberapa waktu lalu, ia mewakili Gubernur Sultra telah menandatangani perjanjian program hibah jalan yang juga dihadiri empat provinsi lainnya yakni Jawa Timur, Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kita bersyukur bisa menjadi salah satu dari empat provinsi yang dipercaya melaksanakan Program Hibah Jalan guna mendorong dan mendukung Program Strategi Nasional yang ada di Sultra. Dari program ini kita diberikan alokasi anggaran sebesar Rp 83 miliar dan akan dilaksanakan tahun 2019,” ungkap saat ditemui di Kendari, Sabtu (15/12/2018).

Rundu juga menilai, program hibah daerah akan mulai dilelang pada Januari 2019. Menurutnya, setelah dilakukan lelang, maka kontrak akan dilakukan.

“Jadi pekerjaan fisik infrastruktur akan diupayakan berjalan pula di Januari,” jelas Rundu.

Kabid Bina Marga ini mengungakapkan pihaknya tengah melakukan bimbingan teknis semua Unit Layanan Pengadaan Barang Jasa dalam mempersiapkan pelaksanaan lelang program hibah daerah dimaksud.

” Para ULP mendapatkan materi dari pihak Kementerian PUPR, Kemendagri dan Pemerintah Australia,” terang Rundu.

Untuk diketahui, Sultra keciprat dana hibah sekitar Rp 83 miliar dari APBN untuk pembenahan jalan wisata di Wakatobi dan beberapa jalan sebagai jalan penyangga wisata di Wakatobi. (A)

Terkini