KONAWENEWSPENDIDIKAN

Program Konawe Cerdas, Pemkab Siapkan Beasiswa S1

598
×

Program Konawe Cerdas, Pemkab Siapkan Beasiswa S1

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Kepala Dikbud Konawe, Suriyadi. Foto: MEDIAKENDARI.com/Mub. Ardiansyah R.

Reporter: Muh. Ardiansyah R
Editor: Kardin

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran Rp 250 juta dalam bentuk beasiswa Strata Satu (S1) bagi putra-putri daerah yang menempuh pendidikan di Universitas Lakidende yang akan dimulai pada tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi mengatakan, melalui program Konawe Cerdas dikhususkan bagi putra-putri berprestasi yang tengah duduk di bangku perkuliahan di Universitas Lakidende.

Kuota calon penerima beasiswa tersebut, Suriyadi belum bisa membeberkan angka pastinya berapa banyak, pihaknya harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak perguruan tinggi.

“Juknisnya akan diramu dalam waktu dekat bersama pihak kampus, nanti kita buatkan MoU nya,” ucap Suriyadi ditemui di ruangannya, Kamis, (23/1/2020).

Untuk calon penerima beasiswa Konawe Cerdas itu, akan ditentukan oleh pihak Universitas Lakidende. Sebab, Pemkab melalui Dikbud Konawe fungsinya sebatas fasilitator yang menyediakan anggaran saja.

“Yang kurang mampu namun berprestasi atau seperti apa. jelasnya, penerima beasiswa harus putra daerah yang berprestasi,” ujarnya.

Lanjutnya, Pemkab dan DPRD Konawe berpesan bahwa beasiswa tersebut harus jatuh ke tangan yang berhak menerimanya. Tidak dibenarkan, jika nantinya anak pegawai atau pejabat Konawe ditemukan memperoleh bantuan beasiswa S1 tersebut.

“Pihak Universitas Lakidende yang akan menginventarisir siapa mahasiswa berprestasi di kampus itu yang layak mendapat beasiswa,” lanjutnya.

Ia berharap dalam beasiswa Konawe Cerdas nantinya bisa menggunakan bantuan itu dengan efektif.

“Paling tidak, bisa meminimalkan biaya SPP maupun biaya lain yang digunakan selama mengikuti proses perkuliahan di Universitas Lakidende,” harapnya.

You cannot copy content of this page