oleh

Puluhan Hasil Kerajinan Masyarakat Kolaka Utara Dipamerkan

-NEWS-166 dibaca

 

Reporter: Pendi

KOLAKA UTARA – Sebanyak 90 produk hasil kerajinan masyarakat Kolaka Utara dipamerkan di galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kolut yang baru diresmikan Bupati Nur Rahman Umar pada Senin, 5 April 2021.

Produk yang dipamerkan berupa makanan dan minuman khas, pakaian dan kain tenun, perlengkapan rumah tangga, serta aksesoris barang dan rumah.

Bupati Nur Rahman Umar mengatakan, dengan adanya galeri dekranasda ini diharapkan dapat menjadi tempat menampung seluruh produk dan kerajinan masyarakat yang ada di Kolaka Utara.

“Sementara ini belum ada produk hasil dari kerajinan para pelaku UKM atau masyarakat Kolaka Utara yang diunggulkan. Melalui launching ini masih dalam tahap proses untuk memperkenalkan atau mempromosikan beberapa hasil kerajinan agar diketahui baik masyarakat Kolaka Utara maupun masyarakat dari luar,” terang Bupati Nur Rahman Umar.

Belum adanya produk unggulan ini diakui Bupati Nur Rahman Umar sebagai salah satunya kendala untuk memasarkan produk secara lebih luas. Meski begitu, pihaknya akan melakukan pembinaan dan promosi untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.

Direncanakan ke depan produk unggulan Kolaka Utara yakni olahan berbahan dasar coklat sebagai ciri khas daerah tersebut.

Ketua Dekranasda Kolaka Utara, A. Nurhayani mengatakan, melalui galeri ini, produk UMKM yang ada di Kolaka Utara akan dipamerkan dan dijual.

“Melalui launching ini semua hasil kerajinan baik para pelaku UKM maupun masyarakat dari 15 kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara telah ada dan sudah dipajang di galeri dekranasda,” katanya. (B)

Terkini