oleh

Puluhan Komunitas se-Kepton Sanjung Letkol Arif Kurniawan, Ini Alasannya

-NEWS-233 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Sebanyak 45 komunitas dari berbagai wilayah yang tergabung dalam Kepulauan Buton (Kepton) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan sanjungan kepada Komandan Kodim (Dandim) 1413 Buton, Letnan Kolonel (Letko) Infantri Arif Kurniawan.

Puluhan komunitas yang berasal dari Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Wakatobi itu menyanjung Letkol Arif karena dianggap sebagai salah satu orang yang berperan aktif dalam kegiatan yang dihelat oleh komunitas-komunitas di daerah itu.

Mewakili komunitas se-Kepton, Ketua Baubau Creative Forum (BBCF), LM Ishaq Anshari mengatakan seluruh komunitas yang tergabung dalam even Inclusive Community Expo 2021 sepakat mendaulat perwira militer dua bunga melati itu sebagai bapak komunitas se-Kepton.

“Pendaulatan pak Dandim merupakan kesepakatan mutlak hasil diskusi kami semua karena dedikasi, edukasi dan bimbingan beliau setahun terakhir kepada seluruh komunitas di Kepton,” ucap Ishaq Anshari ditemui di BBCF, Sabtu malam 30 Januari 2021.

Ia mengaku selama ini pihaknya kerap mendapat hambatan dalam menggelar sebuah kegiatan. Namun semenjak keberadaan Letkol Arif yang menjabat sebagai Dandim 1413 Buton, ia merasa para komunitas sangat terbantu.

“Perhatian bapak Dandim mampu mamajukan komunitas di Kepulauan Buton secara berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan mengungkapkan demi pengembangan komunitas secara berkelanjutan, dirinya akan selalu berupaya memberikan dukungan kepada para seluruh komunitas yang tergabung.

Ia pun berharap 45 komunitas yang telah menyukseskan even Inclusive Community Expo 2021 tetap kompak.

“Bagi yang ingin bergabung (Komunitas lainnya) silahkan. Saya akan berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat sampai masa akhir tugas (Sebagai Dandim 1413 Buton),” kata Letkol Arif dikonfirmasi usai kegiatan.

Terkait penombatan dirinya sebagai bapak Komunitas di wilayah Kepton, Alumni AKABRI tahun 2000 ini tak jumawa. Ia bahkan tidak menyangka akan dianggap sebagai bapak komunitas di daerah eks Kesultanan Buton tersebut.

“Saya pribadi sangat berat menyandang amanah (Bapak Komunitas) seperti itu. Tidak terlintas dipikiran saya. Saya merasa belum pantas. Tetapi saya akan menjalankan amanah tersebut,” pungkas Perwira Menengah (Pamen) TNI itu.

Untuk diketahui, kegiatan Inclusive Community Expo 2021 turut diikuti 26 UKM dan IKM, puluhan penyandang disabilitas dan 25 forum stakeholder seperti BUMN, Perbankan dan Lembaga Vertikal di Kota Baubau.

Diakhir acara yang berlangsung hingga tengah malam itu juga dirangkaian dengan pemberian sejumlah bantuan dana stimulus dari Stakeholder kepada IKM dan UKM di Baubau serta bantuan kepada sejumlah disabilitas.

Terkini