oleh

Puluhan Personel Satpol PP Bombana Akhirnya Berani Divaksin Covid-19

-NEWS-137 dibaca

 

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Dalam waktu satu Minggu diedukasi soal vaksin Covid-9, puluhan anggota Satuan Polisi Pomang Praja, Linmas, dan Damkar menjalani vaksinasi tanpa ragu.

Hal itu dikatakan Sekretaris Sat Pol PP Bombana, Retno HS Noy Phutra usai melakukan vaksinasi pada Selasa, 16 Maret 2020.

Retno sendiri divaksinasi, sekira pukul 08.00 Wita tadi. Usai divaksin kata dia, anggotanya mulai tersenyum, meski awalnya mereka terlihat ragu atau ketakutan.

“Anggota tidak ada penolakan saat divaksin. Setiap apel kami sampaikan sejak satu minggu lalu, kita sudah edukasi pentingnya vaksin,” kata Retno.

Mantan, Kepala Bidang Pemerintahan BAPPEDA Bombana ini mengatakan, sebagai manusia biasa yang baru akan di vaksinasi Covid-19, tentu akan merasa ragu-ragu atau takut. Apalagi anggota Pol PP Bombana umumnya usianya tak muda. Namun, setelah dilakukan edukasi selama sepekan, vaksinasi di jajaran Pol PP berjalan dengan tertib dan aman.

Edukasi yang disampaikan oleh Kasat ataupun Sekretaris saat apel tak muluk-muluk. Kata Retno, hanya memang beberapa poin yang disampaikan terkait dengan pentingnya vaksinasi Covid-19.

Pihaknya menyampaikan kepada anggota, sebagai bagian dari pemerintah, Sat Pol PP harus mendukung program vaksinasi Covid-19. Pun setelah divaksin, anggota juga bisa mengedukasi keluarganya atau orang terdekat terkait dengan vaksinasi tersebut.

“Kami menyampaikan kepada anggota, sebagi polisi daerah memang harus mendukung program vaksinasi ini,” ucapnya.

“Terus terang di Pol PP saya yang paling muda. Banyak ketakutan- ketakutan. Tapi saya sampikan, meraka harus datang kan ada TIM kesehatan yang akan memeriksa, jika memenuhi syarat untuk di vaksinasi,” sambungnya.

Dalam proses pemeriksaan sebelum melakukan vaksinasi ujar Rento, TIM kesehatan yang memeriksa akan menyakan jika ada penyakit bawaan. Jadi nda perlu takut.

Dalam proses vaksinasi tahap pertama di tubuh Sat Pol PP Bombana ini diikuti oleh 50 orang anggota. Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Bombana kata Retno, proses vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan dalam waktu tiga hari kedapan.

“Selasa 50 orang, Rabu 50 dan Kamis juga 50 orang,” terangnya.

Anak almarhum Sekda Bombana, Burhanudin HS Noy ini menceritakan, dirinya lebih dulu divaksin. Setalah divaksin meyusul anggotanya. Sementara, Kasat Pol PP Rusman Idja sudah divaksinasi Covid-19 bersamaan dengan puluhan kepala OPD lain beberapa waktu lalu.

“Sampai saat ini belum ada reaksi, belum ada efeknya saya juga tidak merasa lapar. Tapi saya memang sudah makan tadi. Kamarin juga saya sudah sampaikan kepada anggota agar menjaga kesehatan dan makan dulu sebelum divaksinasi,” ungkapnya. (b)

Terkini