oleh

Puluhan Tahun Menanti, Warga Tambolosu Akhirnya Nikmati Akses Jalan Raya

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

LAONTI – Desa Tambolosu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan merupakan wilayah pemukiman pesisir di sisi Kawasan Taman Nasional Tanjung Peropa. Sejak puluhan tahun lalu, akses masyarakat untuk dan dari kawasan ini ke wilayah lainnya, menggunakan kapal laut.

Kondisi ini sejak lama dirasakan menyulitkan masyarakat Tambolosu, khususnya pada saat musim gelombang pasang. Sebab, kapal masyarakat yang umumnya berukuran kecil terpaksa harus urung melaut.

Namun kendala transportasi dan akses ini nampaknya sudah berakhir, hal ini setelah beberapa tahun lalu, Pemerintah Kabupetan Konawe Selatan, berusaha membuka jalan raya menuju ke kawasan ini.

Hasilnya, pada awal tahun 2019, setelah melalui pengecekan, akses jalan tersebut dinyatakan siap untuk digunakan tidak hanya untuk roda dua, tapi juga untuk roda empat.

Kondisi ini sebagaimana diungkapkan Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga dalam kunjungannya ke ruas Jalan Tambolosu yang menghubungkan Desa Tambolosu, Kecamatan Laonti dengan Kelurahan Lapuko, Kecamatan Moramo.

Dalam Kunjungan Kerjanya, Rabu (2/1/2019), Bupati bersama rombongan yang terdiri dari Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Sekretaris Daerah (Sekda), Sjarif Sajang mengecek dan memastikan langsung kondisi jalan tersebut.

“Saat ini, ruas jalan baru sepanjang 23 KM yang menghubungkan Kelurahan Lapuko – Desa Tambolosu dalam status peningkatan dengan lebar 8 Meter pasca dibuka tahun lalu,” terangnya sengan sumringah ke awak media.

Menurutnya, sejak Indonesia Merdeka warga belum merasakan adanya fasilitas jalan raya. Untuk ke ibu kota kabupaten atau provinsi atau guna memasarkan hasil bumi, warga beraktifitas melalui laut.

Hal senada juga diungkapkan Surunudin dihadapan masyarakat Desa Tambolosu saat bertatap muka dalam kesempatan Kungker ini. Diungkapkannya, jika dirinya bersyukur sebab ruas jalan Tambolosu sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Olehnya itu, kata Surunudin, sebagai pemerintah daerah dirinya mengajak dewan untuk turut serta dalam Kunker ini untuk bisa melihat langsung sekaligus hasil kerja Pemda yang dimulai tahun 2018 lalu ini.

“Perlu di syukuri karena sesuai janji saya di Tahun 2018, bahwa tahun ini (2019-red) musti sudah bisa di mamfaatkan warga,” papar Surunuddin.

Dengan telah adanya fasilitas jalan raya, Surunudin meminta warga dapat memamfaatkan akses ini untuk mengembangkan potensikhusus ekonomi, agar wilayah Tambolosu lebih maju dan dapat bersaing dengan wilayah lain.

Kedepan, lanjutnya, Pemda akan memberikan dukungan untuk terbentuknya pusat pertumbuhan ekonomi baru di Desa Tambolosu ini melalui pembangunan infrastruktur pendukung, seperti Puskesmas, Pasar dan Bendungan serta sarana pendidikan.

“Pemda akan berupaya agar perayaan peringatan HKSN 2019 tingkat Provinsi dapat dipusatkan di wilayah ini sebagai stimulan dalam menggerakkan roda perekonomian Kecamatan Laonti pada umumnya, khususnya Desa Tambolosu,” ungkap Surunudin.

Untuk ruas jalan, Pemda juga akan segera merampungkan akses sepanjang 18 KM menuju ibu kota Kecamatan Laonti, termasuk akses ke wilayah Konsel lainnya. Sebagai bagian dalam peningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat menuju terwujudnya ‘Desa Maju Konsel Hebat’.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD, Irham Kalenggo mengaku bangga dan mengapresiasi atas kinerja Pemda Konsel yang menurutnya sebagai karya emas Bupati dan Wabup Konsel di periode saat ini.

Sebab, telah gigih memperjuangkan proyek jalan ini hingga ke pusat, sehingga saat ini warga sudah bisa menikmati kerja keras Pemda berupa jalan raya yang bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Kita bersyukur bahwa program yang kita dukung dan canangkan bersama Pemda, hari sudah bisa dirasakan. Karena sejak ratusan tahun atau sejak Indonesia Merdeka wilayah Tambolosu belum dapat di akses kendaraan,” paparnya dihadapan warga.

Selain itu, Irham juga mengungkapkan, selaku legiselatif pihaknya terus mendukung setiap program kerja Bupati untuk memperhatikan dan menyerap aspirasi rakyat guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dan tentu tak lepas dari dukungan penuh seluruh elemen masyarakat, jadi saya himbau kepada kita semua agar menyokong kinerja dan setiap program yang dicanangkan Pemda,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PU Konsel Ichsan Porosi menyebutkan, untuk Tahun Anggaran 2019 di sepanjang ruas Jalan Tambolosu akan dibangun Duiker Plat, Box Culvert dan jembatan, yang keseluruhannya akan di tuntaskan tahun ini.

“Kita bersyukur saat ini masyarakat sudah dapat menggunakan akses jalan tersebut baik roda dua maupun roda empat, sebagai bagian dari realisasi janji Bupati untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat dengan pembangunan infrastruktur,” pungkasnya. (a)


Terkini