oleh

Puluhan Warga Korban Abrasi Sungai Sampara Terima Paket Ramadan dari IZI Sultra

 

Reporter: La Ato

KENDARI – Menyambut datangannya bulan Ramadan 1442 H, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan paket bantuan kepada para janda di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar Kabupaten Konawe. IZI Sultra menyasar janda di Desa Muara Sampara, Kecamatan Kapoiala pada Senin, 12 April 2021.

Kepala Bidang Program IZI Sultra, Abdul Fajar mengatakan, mayoritas penerima paket tersebut adalah para janda dan juga korban abrasi yang kehilangan rumah akibat terkikis Sungai Sampara.

“Paketnya itu berjumlah 45. Penyalurannya kita juga rangkaikan dengan penyaluran paket Layanan Mulia Mustahik (Lammus) di wilayah yang sama,” kata Abdul Fajar, sebagaimana rilis yang dikirim kepada MEDIAKENDARI.COM pada Selasa, 13 April 2021.

Ia mengatakan, berdasarkan data, lebih dari 30 rumah yang sudah hilang akibat kikisan Sungai Sampara. Sementara yang mengungsi dan membuat pemukiman sebanyak 40 keluarga.

“Alhamdulillah paket yang kami salurkan ini disambut baik oleh mereka selaku penerima. Apalagi ini kan akan memasuki Ramadan. Jadi mereka sudah pasti menyambut baik,” ujar Abdul Fajar.

Salah satu penerima paket, Rukaeni yang menjadi korban abrasi dari Sungai Sampara merasa bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Ia berharap, paket yang didapat tersebut bisa meringankan beban keluarganya untuk beberapa hari ke depan.

“Semoga bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan sementara dalam memasuki awal Ramadhan tahun ini,” ucap Rukaeni.

Sementara itu, Kepala IZI Sultra, Ramli berharap, paket yang disalurkan tersebut dapat membantu secara keseluruhan para penerima manfaat, terlebih pada awal bulan suci Ramadan.

“Kita pahami bersama, kebutuhan selama Ramadhan nanti cukup banyak, terutama buat sahur dan berbuka puasa. Semoga yang kita berikan ini sedikit meringankan beban mereka,” harap Ramli. (C)

Terkini