NEWS

Punya Hotel Sendiri, SMKN 3 Kendari Menjadi Sekolah Pusat Unggulan di Kota Kendari

1607
×

Punya Hotel Sendiri, SMKN 3 Kendari Menjadi Sekolah Pusat Unggulan di Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari hadirkan lima jurusan dengan jumlah siswa mencapai 900 orang.

Kepala SMKN 3 Kendari Sitti Ma’wa Rohani, S.Pd mengatakan, lima jurusan tersebut diantaranya adalah jurusan tata boga, tata busana, tata kecantikan, perhotelan, serta jurusan teknik komputer dan jaringan dalam setiap jurusan memiliki potensinya masing-masing.

Baca Juga : Gubernur Ali Mazi Sebut KSK The Next Gubernur Sultra 2024

“Misalnya perhotelan dan tata boga itu itu banyak alumni kami yang ditempatkan di hotel-hotel yang ada di Sulawesi Tenggara. Pada tata busana industri yang menjadi tempat bekerja alumni kami, di tempat yang notabenenya penjahit utamanya ada di penjahit Jogja, Levis, jadi hampir semua industri yang ada di Kota Kendari ini berasaidari SMKN 3 Kendari,” ungkapnya saat diwawancarai pada Jumat, (23/09/22).

Lebih lanjut Ma’wa menjelaskan, jurusan yang paling diminati oleh siswa di SMKN 3 Kendari adalah jurusan perhotelan, yang mampu menjaring siswa hingga 500 orang untuk semua kelas.

Baca Juga : Tiba di Bandara Haluoleo, Surya Paloh Take Off Kembali ke Jakarta, Ini Alasannya

Dia menambahkan, pada tahun 2021, SMKN 3 Kendari di tunjuk sebagai sekolah unggulan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) utamanya dibidang perhotelan. Di mana saat ini SMKN 3 Kendari telah memiliki hotel khusus.

“Hotel ini selain kami gunakan untuk praktek, sebenarnya kami juga membuka untuk tamu dari luar, hanya saja saat ini belum memiliki izin yang disebut Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) untuk melakukan ini,” katanya.

Saat ini pihaknya, tengah mengurus izin tersebut pasalnya pemerintah telah mengharuskan SMK pusat keunggulan harus diBLUDkan.

Baca Juga : Ular Piton Berukuran 7 Meter Gegerkan Warga Latompe Mubar

“Hotelnya ada dilingkungan sekolah yang di sebut sebagai E Dotel SMKN 3 Kendari, dan didirikan sejak tahun 2016,” ungkapnya.

Ma’wa mengharapkan SMKN 3 Kendari sebagai pusat unggulan, dapat mewujudkan usahanya sendiri. Selain itu dia mengaharapkan hotel yang ada di SMKN 3 Kendari, dapat berfungsi layaknya hotel yang lain di kota Kendari.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page