oleh

Pusat Pembangunan di Baubau Bakal Digeser ke Betoambari

-BAUBAU, NEWS, SULTRA-322 dibaca

Reporter: Ardilan
Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana memusatkan pembangunan daerah di Kecamatan Betoambari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengatakan, pembangunan kantor hingga bangunan rumah jabatan (Rujab) bagi para pejabat akan dirancang, ditata dan didesain di wilayah Kecamatan Betoambari.

“Jadi ibu kota Baubau itu, pusat kotanya di Kecamatan Betoambari di kelurahan Lipu. Itu nanti yang akan kita kembangkan dan menjadi icon kota,” ucap Roni Muhtar kepada sejumlah wartawan ditemui di Kantor Wali Kota Baubau, Senin (13/1/2020).

Terkait anggarannya, Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau ini, belum menyebut nominal pasti. Ia hanya mengaku akan mewujudkan hal itu secara bertahap.

“Pasti (bertahap), karena tidak mungkin satu kali karena rencananya 10 hektar itu. Kedepan rujab Wali Kota akan pindah, kita berharapnya begitu,” ujarnya.

Dia menambahkan, hal lain yang disiapkan Pemkot Baubau yakni pembebasan lahan tempat penampungan akhir (TPA), lahan jembatan penghubung Muna-Buton, perluasan lahan Bandara Betoambari dan beberapa areal lainnya.

“Jembatan Muna-Buton ini kan yang bangun pemerintah provinsi. Berdasarkan informasi yang diberikan kepala dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga sementara diupayakan pendanaannya. Disini kita perlu persiapkan lahannya,” paparnya.

Terkini