NEWS

Puskesmas Tinanggea Sediakan Pelayanan USG untuk Ibu Hamil

718
×

Puskesmas Tinanggea Sediakan Pelayanan USG untuk Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN,MEDIAKENDARI.COM – Setelah naik status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Tinanggea terus berinovasi dan meningkatkan Fasilitas pelayanan bagi masyarakat. Dibawah kepemimpinan Ilham Hilal kini puskesmas Tinanggea telah menyediakan fasilitas layanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil.

Kepala Puskesmas Tinanggea, Ilham Hilal mengungkapkan setelah Penerapan BLUD pihaknya terus berinovasi memaksimalkan mutu pelayanan kesehatan. Hal tersebut sesuai harapan pimpinan daerah, dimana BLUD bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Layanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil di Puskesmas Tinanggea merupakan salah satu pengembangan layanan setelah penerapan BLUD. Dengan penerapan BLUD Puskesmas lebih fleksibel dalam meningkatkan pengembangan layanan bidang kesehatan,” ungkapnya, Rabu 01 Maret 2023.

Sejak awal mengemban amanah, PKM Tinanggea terus berinovasi memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat Konawe Selatan secara umum dan masyarakat Kecamatan Tinanggea pada khusus. “Alhamdulliah hari ini perdana kami launching, pelayanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil. Alat ini merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan melalui Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Diketahui sebelum ada pelayanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil, masyarakat Kecamatan Tinanggea dan sekitarnya harus ke RSUD Konsel atau rumah sakit di Kendari. Jadi dengan adanya layanan tersebut di tingkat Puskesmas maka lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kemudian pelayanan USG ini juga bisa memanfaatkan fasilitas kartu BPJS sehingga bisa meringankan beban penerima manfaat. Kami komitmen menyajikan pelayanan kesehatan yang optimal,” jelasnya.

Ia menyebut, salah satu indikator sehingga Puskesmas Tinanggea diberi ruang menyediakan fasilitas layanan pemeriksaan USG yakni karena telah berstatus BLUD. Kemudian dokter yang memeriksa telah tersertifikasi. Artinya Puskesmas Tinanggea telah memenuhi syarat dalam memberikan pelayanan USG untuk ibu hamil dan Perdana Sepuskesmas di Kabupaten Konawe Selatan.

“Tentunya kami berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan khususnya kepada Bapak Bupati Konawe Selatan yang selama ini terus mendorong dan mendukung kami memberi pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Baik dari sisi sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas sumber daya manusian,” ujarnya

Dirinya menambahkan inovasi dan terobosan-terobosan masih akan terus dilakukan. Diantaranya menyediakan apotik yang beroperasi selama 24 jam dan tersedianya laboratorium pemeriksaan yang lengkap yang telah direncanakan dan dipersiapkan untuk dijalankan tahun 2023 . Dengan penerapan adanya BLUD kami komitmen melakukan pengembangan dalam upaya peningkatan kualitas Pelayanan dan Mutu,” tandasnya.

Salah satu ibu hamil dari Desa Palotawo, Aan Sumarni mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas kesehatan penunjang ibu hamil.

“Alhamdullilah saya sangat bersyukur dan bagus pelayanannya, kondisi bayi dalam kandungan juga bagus. Pelayanan ini sangat membantu karena jaraknya yang dekat saya tidak lagi harus ke Rumah Sakit Konsel dan bisa pakai BPJS. Sekali lagi terimakasih sudah sangat membantu kami,” ungkap Sumarni usai menerima pelayanan USG Puskesmas Tinanggea.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page