oleh

Puskesmas Uepai Sosialisasikan Protokol Covid-19 Bagi Murid SD Negeri Olo-Oloho

 

Reporter: Andis

KONAWE – Tim dari Puskesmas Uepai Kabupaten Konawe mensosialisasikan protokol pencegahan covid-19 bagi ratusan murid SD Negeri Olo-Oloho.

Kepala Puskesmas (Kapus) Uepai Alfred Ronald menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk memantau kesiapan mengantisipasi penyebaran virus corona di sekolah.

“Anak-anak didik kita rentan penyakit tersebut, juga para pengajar. Sehingga kita selalu melakukan pengawasan dan berupaya menyampaikan tentang pencegahan virus corona dengan 3 M,” jelas Alfred Ronald.

Sosialisasi dilakukan tim dari Puskesmas Uepai dibantu para guru, untuk memberikan edukasi bagi para murid tentang bahaya virus corona serta tentang tata cara pencegahan 3 M.

“Kami sudah membuat tim untuk melakukan penjaringan di bidang UKS yang ada disekolah, agar kita bisa memantau kesehatan siswa, baik dari kuku, gigi, higiene, serta lingkungan sekolah itu sendiri,” terangnya.

Rencananya untuk kedepannya, kata Ronald, pihaknya akan kerja sama dengan pihak sekolah, untuk memberikan dukungan bagi kesehatan para murid dan guru di sekolah.

Untuk sekolah yang sudah MoU seperti SD Olo-Oloho, SD 1 dan 2 Uepai, SD Tawamelewe. SD 1 dan 2 Matahoalu, SD 1 Ameroro, SMP 1 Uepai, SD Morehe dan SMA Uepai.

“Ketika sekolah sudah ada Mou dengan kami, maka selaku pihak puskesmas akan bertanggung jawab penuh dalam pengawasan dan pembinaan ruang lingkup sekolah tersebut,” tegasnya.

Ronald menuturkan, pihaknya mendorong setiap sekolah bisa bekerjasama, sebelum melakukan pembelajaran tatap muka.

Sebab, jika belum ada MoU, maka jika terjadi sesuatu dalam proses pembelajaran, itu bukan tanggung jawab Puskesmas. Secara prinsip, sekolah sudah MoU dinilai serius mengantisipasi virus corona.

“Tujuan MoU untuk memberikan perlindungan kepada siswa dan guru, serta orang tua siswa yang enggan merasa was-was jika anaknya melakukan pembelajaran tatap muka disekolah,” jelasnya.

Ronald berharap, sekolah di Kecamatan Uepai bisa bekerja sama mencegah penyebaran virus corona agar proses pembelajaran tatap muka berjalan lancar, aman tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dirinya juga berharap Dinkes Konawe bisa mendukung dalam penyebaran virus corona, khususnya pengadaan masker untuk tiap-tiap sekolah dan kebutuhan lainnya.

“Untuk Disdikbud, kami minta ikut berpartisipasi dalam mengarahakan sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka agar bekerjasama dengan Puskesmas,” pungkasnya.

Sementata itu, Kepala SD Olo-Oloho, Yanti menuturkan, berterimakasih atas sosialisasi Puskesmas Uepai di sekolahnya, sehingga proses pembelajaran tatap muka bisa berjalan lancar.

“Berterima kasih kepada pihak Puskesmas Uepai yang peduli kepada murid dan guru di sekolah, sehingga kami juga merasa aman dan proses pembelajaran berjalan lancar,” ujar Yanti. /B

Terkini