EROPAINTERNASIONAL

Putin Tegaskan Warga Ukraina dan Rusia adalah Bersaudara

621
×

Putin Tegaskan Warga Ukraina dan Rusia adalah Bersaudara

Sebarkan artikel ini
Presiden Rusia Vladimir Putin

RUSIA – Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin (29/4) mengatakan, warga Ukraina dan Rusia dulunya satu bangsa dan akan memperoleh manfaat dari kewarganegaraan bersama. Keterangan ini diucapkannya setelah kebijakan Putin memicu kemarahan Kiev dengan memberi kemudahan kepada warga Ukraina untuk memperoleh paspor Rusia. 

“Saya sudah beberapa kali mengatakan orang Ukraina dan Rusia itu adalah dua bangsa yang bersaudara. Lebih dari itu saya berpendapat keduanya pada dasarnya adalah satu bangsa dengan beragam budaya, bahasa serta cirinya yang bersejarah, ” kata Putin kepada wartawan sambil tersenyum.

Presiden Terpilih Ukraina: Jangan Buang Waktu Bujuk Warga Ukraina dengan Paspor Rusia

Presiden Russia Vladimir Putin Tegaskan Warga Ukraina dan Rusia adalah Bersaudara

“Jika Ukraina memberi paspor kepada orang Rusia dan kami memberi kewarganegaraan dan paspor kepada orang Ukraina maka cepat atau lambat dapat diramalkan akan ada hasil yang diduga – tiap orang memiliki kewarganegaraan bersama. Jadi itu harus disambut baik, ” tambah Putin sebelum mengucapkan selamat tinggal dalam bahasa Ukraina kepada wartawan.

Rusia Tawarkan Jalur Cepat Kewarganegaraan bagi Separatis di Ukraina

Kalangan pengamat memperhatikan dengan seksama akan tanda-tanda mencair dalam hubungan antara Rusia dan Ukraina setelah komedian yang tidak punya pengalaman politik Volodymyr Zelensky menang besar dalam pemilihan presiden di Ukraina bulan ini.

Kremlin belum mengucapkan selamat kepada Zelensky dan salah satu pernyataan Putin setelah pemilihan itu ialah Moskow sedang mempertimbangkan mempermudah orang Ukraina untuk memperoleh kewarganegaraan Rusia.

Pekan lalu Putin menandatangani dekrit membolehkan penduduk yang tinggal di wilayah Ukraina timur yang melepaskan diri dari Ukraina untuk mendapatkan paspor Rusia dalam waktu tiga bulan setelah mengajukan lamaran untuk itu.

Ukraina dan negara-negara Barat mengutuk dekrit itu dan mengatakan Putin semakin berusaha mengacau Ukraina, sementara di Rusia sendiri dekrit itu dipandang sebagai beban besar bagi ekonomi Rusia yang sudah payah. Zelensky menjawab dengan janji memberi kewarganegaraan Ukraina kepada orang Rusia yang menderita di bawah pemerintahan Kremlin.

Pengecam Zelensky termasuk Presiden Petro Poroshenko yang akan melepas jabatan mengatakan Zelensky yang berumur 41 tahun orang baru dalam dunia politik, tidak bakal mampu menghadapi Putin. Zelensky akan mulai memangku jabatan awal bulan Juni. (al)

You cannot copy content of this page