NASIONALNEWS

PWI Papua Barat Gelar Orientasi Wartawan

1076
×

PWI Papua Barat Gelar Orientasi Wartawan

Sebarkan artikel ini
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat saat menggelar Orientasi Keanggotaan angkatan I tahun 2019, Senin (14/10/2019) di Swiss Belhotel Manokwari. Foto : Ist

MANOKWARI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar Orientasi Keanggotaan angkatan I tahun 2019 di Swiss Bell Hotel Manokwari, Senin (14/10/2019). Kegiatan itu diapresiasi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutan yang diwakili Asisten III Setda Papua Barat, Reymond Yap mengatakan, dengan mengikuti orientasi tersebut, wartawan dapat memahami Pedoman Dasar (PD), Pedoman Rumah Tangga (PRT) PWI, memahami tentang Hukum Pers, Kode Etik dan Kode Perilaku Wartawan.

“Apalagi bagi mereka yang anggota maupun ingin menjadi anggota PWI,” katanya.

Gubernur mengingatkan pengurus PWI Papua Barat untuk terus berbuat, berjuang dan meningkatkan kemampuan wartawan di Papua Barat. Demi mencerdaskan kehidupan berbangsa, bernegara di Provinsi Papua Barat.

“Saya bangga dan mudah-mudahan ini menjadi model yang baik dalam melakukan pembinaan terhadap wartawan di Papua Barat dalam menata kehidupannya, nilai-nilainya, norma-normanya dan standarnya,” ungkap gubernur.

Dia juga berharap orientasi keanggotaan PWI, Pers di Papua Barat makin meningkatkan kemampuannya, makin baik dan mendapat tempat di hati masyarakat.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam dalam sambutan mengatakan, orientasi wartawan salah satu program PWI Papua Barat, yang tujuannya merangkul keanggotaan di PWI Papua Barat.

“Meskipun sudah beberapa kali dilakukan penerimaan anggota baru, namun baru kali ini dilakukan orientasi wartawan. Karena orientasi baru dimasukkan dalam PD/PRT yang baru,” jelasnya.

Baca Juga:

Selain melakukan orientasi, dalam waktu dekat PWI Papua Barat akan kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke III awal November 2019 mendatang di Kota Sorong. Kata Bustam UKW adalah kewajiban yang diemban PWI dari Dewan Pers, termasuk PWI Papua Barat tentunya.

UKW bertujuan menjadikan wartawan profesional, kompeten, independen, taat kode etik jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Siber, UU Pers, UU Penyiaran, UU ITE, UU Pornografi, UU Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Yang terakhir diberlakukan adalah Pedoman Perilaku Wartawan,” jelasnya.

Lanjut Bustam, PWI kini bukan hanya menjadi salah satu organisasi wartawan. Tetapi PWI adalah yang pertama dan akan terus konsisten memperjuangkan masa depan para pelaku pers, khususnya wartawan.

Orientasi tersebut menghadirkan tiga narasumber yang membawa materi tentang keorganisasian atau Pedoman Dasar (PD)/Pedoman Rumah Tanggan (PRT) PWI dibawakan Ketua PWI Papua Barat, Bustam.

Materi tentang Kode Etik Jurnalistik dibawakan Ketua DKP PWI Papua Barat, Key Tokan Abdul Asis dan materi terkait pembelaan wartawan (advokasi) oleh Hendry Sitinjak, Wakil Ketua Bidang Pembelaan wartawan yang juga Pemred Tabura Pos. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penerimaan anggota baru PWI Papua Barat.

You cannot copy content of this page