oleh

Raih Delapan Kursi, Caleg Nasdem Berjaya di DPRD Koltim

Reporter : Jaspin

Editor : Kang Upi

TIRAWUTA – Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah usai, bersamaan dengan tuntasnya pleno perhitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Koltim belum lama ini.

Dari hasil pleno tersebut diketahui, Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berjaya di seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) di Koltim.

Sekretaris Umum DPD Nasdem Koltim, Eritman Rahmat menjelaskan, bahwa partai Nasdem berhasil meraih 8 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim, dari 4 dapil berbeda.

Dari dapil 1, kata Eritman, berhasil meraih kursi, Caleg atas nama Rosdiana dengan 912 suara, yang merupakan caleg inkamben. Untuk dapil 2, Yudo Handoko dengan jumlah 1.781 suara dan Eka Widiawati dengan 1.573 suara.

“Dapil 3, Hj. Jumhani dengan 2.017 suara dan Suhaemi Nasir dengan 2.008 suara. Dan terakhir berhasil diduduki oleh Rika Safitri dengan total 1.404 suara dan Yusniati 1.148 suara,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, raihan 8 kursi di DPRD Koltim merupakan bukti bahwa Caleg yang diusung Partai Nasdem, memiliki basis dukungan yang sudah sesuai dengan yang telah diprediksikan.

Menurutnya, target awal seharusnya di tiap Dapil dapat duduk 3 Caleg Nasdem. Namun hanya Dapil 3 yang mampu meraih 3 kursi. Sedangkan Dapil 2 dan 4 berhasil meraih masing-masing 2 kursi dan di Dapil 1 hanya satu kursi.

Untuk di Dapil 1, lanjutnya, hasilnya cukup meleset dari perkiraan karena salah satu Caleg yang diunggulkan telah meninggal dunia sebelum Pemilu, dan ada figur Caleg lainnya yang lulus saat pengumuman PNS.

“Raihan delapan kursi ini adalah hasil kerja keras dari partai dan semua figur Caleg itu sendiri, sehingga mampu memperoleh suara tertinggi pada 4 dapil di Koltim,” tambahnya.

Dengan hasil ini, lanjutnya, kursi Ketua DPRD Koltim sudah pasti akan dipilih dari Caleg Nasdem. Namun, siapa yang bakal diusung masih menjadi perbincangan diinternal partai, sebab yang dipilih sebagai ketua, adalah figur terbaik dari delapan Caleg Nasdem di dewan.

“Kami pengurus partai akan memilih dan menyeleksi posisi ketua ini. Dalam penyeleksian dari 8 orang Caleg yang lolos ini, dilakukan secara mendalam. Dan mudah-mudahan 8 caleg yang bakal duduk di kursi dewan mampu membawa aspirasi masyarakat,” harap Eritman.

Untuk penentuan ketua ini, kata Eritman, akan dilakukan fit and proper test sebagai uji kelayakan atas figur yang nantinya bakal dipilih sebagai ketua DPRD Koltim. Tes ini akan dilakukan dengan beberapa tahapan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Dijelaskannya juga, partainya juga berhasil menembus level provinsi dengan meraih lima kursi di DPRD Provinsi Sultra. Ia mengaku optimis dengan hasil ini, bahwa kursi Wakil Ketua DPRD Provinsi bisa diraih.

“Partai Nasdem juga mendapat sebanyak 5 kursi dalam posisi sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi dari total keseluruhan 100.411,” ujarnya. (B)

Terkini