NEWS

Rangkaian HUT Kota Kendari, Sekretariat DPRD Kota Kendari Sukses Gelar Lomba Tari Mondotambe

861
×

Rangkaian HUT Kota Kendari, Sekretariat DPRD Kota Kendari Sukses Gelar Lomba Tari Mondotambe

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sekretariat DPRD Kota Kendari sukses menggelar Lomba Tari Tradisional Mondotambe dalam rangkaian festival budaya memperingati HUT Kota Kendari ke 192 di Pelataran Tugu Religi Ex MTQ, Kamis 4 Mei 2023.

Dalam pelaksanaan lomba ini, Sekretariat DPRD Kota Kendari ditunjuk sebagai penyelenggara Lomba Tari Tradisional Mondotambe yang diikuti 21 tim perwakilan sekolah jenjang sekolah dasar (SD) se-Kota Kendari.

Sekwan DPRD Kota Kendari, Adriana Musaruddin mengatakan Lomba Tari tradisional merupakan salah satu cara untuk mengedukasi generasi muda untuk lebih mengenal budaya.

“Alhamdulillah sekretariat DPRD dipercaya untuk menjadi penyelenggara Lomba Tari tradisional pada HUT Kota Kendari ke 192,” ungkap Adriana Musaruddin.

Untuk perolehan juara pada Lomba Tari Tradisional Mondotambe HUT Kota Kendari ke 192 yakni Juara 1 SDN 6 KENDARI, Juara 2 SDN 1 Kendari, Juara 3 SDN 84 KENDARI, Juara harapan 1 SDN 2 Kendari, Juara harapan 2 SDN 52 Kendari, Juara harapan 3 SDN 17 Kendari.

Untuk informasi, Tari Mondotambe adalah tarian penjemputan Suku Tolaki yang menyimbolkan mempunyai keterbukaan terhadap tamu yang datang berkunjung di daratan Sultra.

Sedangkan asal usul tari Mondotambe adalah berawal dari Tari Umoara yang ditarikan kepada para kesatria pada zaman dahulu untuk menyambut raja atau prajurit yang telah pulang dari peperangan.

Selanjutnya seiring berkembangnya zaman maka lahirlah tari Mondotambe yang ditarikan putra putri suku tolaki dan saat ini tari Mondotambe telah ditetapkan oleh Kemendikbudritek sebagai warisan budaya tak benda.

You cannot copy content of this page