oleh

Ratusan Atlet Ikuti Kejurda Renang PRSI Sultra

Reporter : Haris Anda Dinata

KENDARI – Ratusan atlet renang dari tujuh daerah di Sultra mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) renang di kolam renang KONI Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 25 November 2020.

Kejurda ini digelar pengurus provinsi (Pengprov) persatuan renang seluruh Indonesia (PRSI) Sultra untuk melatih atlet sebagai persiapan pekan olahraga antara daerah (Porda) tahun 2021.

Ketua Pengprov PRSI Sultra Faisal menjelaskan, ketujuh daerah yang mengirimkan atletnya yaitu Kabupaten Muna, Kota Kendari, Buton Selatan (Busel), Wakatobi, Konawe, Kolaka, Kota Baubau.

Faisal menyebut, keseluruhan peserta Kejurda mencapai ratusan atlet karena ada daerah mengikutkan 10 atletnya, dan ada pula yang hingga 30 atletnya untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

“Kejurda ini kami harapkan bisa menjaring atlet muda yang nantinya bisa menjadi atlet andalan tiap daerah di Porda tahun depan,” terang Faisal ditemui disela kompetisi di kolam renang KONI Sultra.

Untuk kelas yang dipertandingkan di Kejurda Renang ini, kata Faisal, yakni renang gaya 100 meter, 50 meter dan 150 meter yang terdiri dari gaya bebas, gaya kupu kupu, dan gaya pungung.

Faisal juga menegaskan, karena digelar ditengah masa pandemi olehnya itu Kejurda Renang ini digelar dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan dan pencegahan pandemi covid-19.

“Tentunya ini paling utama, kegiatan ini harus mengacu pada protokol kesehatan dan pencegahan covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Faisal.

Menurutnya, wujud dari penerapan protokol tersebut seluruh atlet yang akan mengikuti Kejurda membawa hasil surat rapid tes yang akan dikumpulkan sebelum pendaftaran.

“Atlet sebelum memasuk kolam renang wajib mengunakan masker, menjaga jarak mengunkana suhu tubuh dan cuci tangan,” ujar Faisal.

Dirinya berharap, dengan semakin meredanya pandemi, maka kedepannya kejuaraan seperti ini semakin rutin dilaksanakan, untuk menunjang pembinaan para atlet agar bisa tampil diajang nasional.

“Semakin banyak kejuaraan yang dilaksanakan semakin baik bagi atlet renang untuk menambah pengalaman tanding di tingkat daerah,” pungkasnya. /A

Terkini