NEWS

Ratusan Atlet Karate se-Sultra Mengikuti Turnamen Karate Sudjono Soewarno Cup 1

1218
×

Ratusan Atlet Karate se-Sultra Mengikuti Turnamen Karate Sudjono Soewarno Cup 1

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sebanyak 315 atlet Karate se-Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Turnamen Karate Sudjono Soewarno Cup 1 di Gelanggang Olahraga Politeknik Kesehatan atau GOR Poltekkes Kendari pada Jumat, (24/02/2023).

Kejuaraan ini diikuti oleh karateka perwakilan dari 17 kabupaten/Kota di Sultra yang terdiri dari dojo, cabang, ranting, sekolah, instansi, dan klub. Termasuk juga bagian dari perguruan yang tergabung Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia atau Forki yang bakal bertanding hingga pada 26 Februari 2023.

Ketua Panitia, Jufri mengatakan turmanen ini terselenggara tanpa ada kaitannya dengan proses penyeleksian atlet karateka di Sulawesi Tenggara, melainkan turnamen ini sebagai ajang silahturahmi dari bentuk kekeluargaan beberapa perguruan di Sultra.

“Kita menghimpun secara kekeluargaan. Maka terjadilah kejuaraan ini atas nama Sudjono Cup agar terlaksanakan,” ucap Jufri.

Tak hanya itu, rupanya kejuaraan ini telah direncanakan sejak 15 tahun lalu namun baru terlaksana ditahun 2023 ini.

“Tahun 2023 ini rencana turnamen akhirnya resmi diselenggarakan dengan diikuti 315 atlet dari 24 kontingan se-Sultra. Harapan kami ini akan menjadi agenda tahunan sehingga turnamen ini bisa diperebutkan setiap tahun untuk ajang lebih besar, jadi sekarang belum ada sasaran apa apa,” ungkap Jufri.

Pemenang dari kejuaraan ini akan mendapatkan medali, piala, dan piala bergilir bagi kontingen yang memiliki banyak medali. Jufri juga mengatakan kejuaraan ini secara keseluruhan terdiri dari 31 kelas dari 3 kategori.

Pertama kategori Kadet untuk karateka putra berusia 14-15 tahun yang terdiri kelas Kata Perorangan, Kumite 52 kilogram (kg), Kumite 57 kg, Kumite 63 kg, dan Kumite 70 kg.

Selanjutnya kategori Kadet putri yang terdiri kelas Kata Perorangan, Kumite 47 kg, Kumite 54 kg, dan Kumite 54 kg. Kategori kedua yakni Junior putra dan putri untuk karateka Sultra berusia 16-17 tahun.

Untuk putra terdiri dari kelas Kata Perorangan, Kumite 55 kg, Kumite 61 kg, Kumite 68 kg, dan Kumite 76 kg. Untuk Kadet putri terdiri dari kelas Kata Perorangan, Kumite 48 kg, Kumite 53 kg, Kumite 53 kg, dan Kumite 59 kg. Selain itu, kategori Under 21 untuk karateka Sultra putra dan putri berusia 18-20 tahun.

Untuk putera terdiri dari kelas Kata Perorangan, Kumite 55 kg, Kumite 60 kg, Kumite 67 kg, dan Kumite 75 kg. Sedangkan untuk putri terdiri dari kelas Kata Perorangan, Kumite 50 kg, Kumite 55 kg, Kumite 61 kg, dan Kumite di atas 68 kg.

Reporter : Dila Aidzin

You cannot copy content of this page