oleh

Ratusan CPNS Lulusan Tahun 2019 Belum Latsar, Pemda Konut Diduga Langgar UU ASN

-NEWS-366 dibaca

 

Reporter: Supriyadin Tungga / Editor: Kang Upi

KONAWE UTARA – Sebanyak 198 calon pegawai negeri sipil (CPNS) lulusan seleksi tahun 2019 di Kabupaten Konawe Utara (Konut) belum mengikuti pelatihan dasar (Latsar).

Berdasarkan data yang dihimpun MEDIAKENDARI.com, dari 264 CPNS lulusan seleksi tahun 2019 tersebut, baru 66 CPNS yang mengikuti Latsar. Sedangkan 198 CPNS lainya belum.

Ratusan CPNS yang belum mengikuti Latsar tersebut kini terhitung telah dua tahun menunggu tanpa kepastian, kapan jadwal Latsar akan dirilis Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konut.

Tidak hanya menimbukan kegalauan bagi ratusan CPNS, lambannya langkah Pemda Konut melaksanakan Latsar juga diduga melanggar ketentuan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dimana pada UU ASN Pasal 63 ayat 3 dituliskan calon PNS wajib menjalani masa percobaan. Dan Pasal 64 ayat 1 tertulis masa percobaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (3) bagi calon PNS dilaksanakan selama 1 (satu) tahun.

Kepada MEDIAKENDARI.com, salah seorang CPNS yang belum mengikuti Latsar mengaku galau dengan sikap Pemda Konut, karena hingga kini belum memberikan kepastian.

Ia yang minta namanya tidak dituliskan ini juga mengaku jika setahun masa percobaan yang dijalaninya telah lama selesai.

“Sejak saya ditetapkan sebagai CPNS di tahun 2019 sampai saat ini jadwal Latsar belum ada kabarnya untuk gelombang kedua, padahal sudah memasuki 2 tahun,” ungkapnya, Selasa 17 Maret 2021.

Meskipun dirinya menduga penundaan Latsar akibat penyebaran pandemi, namun seharusnya BKD Konut berupaya memberikan penjelasan tentang penundaan Latsar CPNS.

“Faktanya sampai hari ini tidak ada perhatian maupun tidaklanjut dari dinas terkait. Nasib kami CPNS Konut  yang lulus tahun 2019 masih menjadi mimpi,” ujarnya.

Dirinya berharap, BKD Konut bersikap proaktif untuk memberikan informasi serta segera memastikan kapan Latsar akan dilaksanakan.

“Kami berharap BKD Konut memberikan kepastian jadwal Latsar kepada kami, dan jadwal orientasi agar di pastikan bulanya” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan MEDIAKENDARI.com masih belum mendapatkan keterangan dari BKD Konut terkait jadwal dan rencana penyelenggaraan Latsar bagi CPNS tahun 2019. Konfirmasi dan permintaan wawancara belum mendapatkan jawaban. /A

Terkini