oleh

Ratusan Siswa Berprestasi di Kota Kendari Dapat Beasiswa

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Sebanyak 320 siswa berprestasi kategori ekonomi lemah atau kurang mampu jenjang SD dan SMP di Kota Kendari menerima beasiswa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis kepada ratusan siswa penerima di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Rabu, 30 Desember 2020.

Beasiswa ini yang bersumber dari APBD Kota Kendari diserahkan secara tunai sebesar 120 ribu perorang per bulan untuk jenjang SD dan Rp 150 perorang perbulan untuk jenjang SMP.

Walikota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, beasiswa yang diberikan selama setahun penuh dari Januari hingga Desember 2020 tersebut, merupakan bagian dari program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Ini sebagai dukungan kita kepada anak-anak ini agar lebih semangat disituasi pandemi covid-19 saat ini,” ujar Sulkarnain Kadir saat diwawancarai MEDIAKENDARI.com, usai penyerahan beasiswa.

Untuk informasi, mengutip laman https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/ dijelaskan, KIP merupakan program bantuan pendidikan yang menjadi bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP).

Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin.

Termasuk pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program ini bertujuan membantu anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu. Penerima PIP memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan sebagai penanda/identitas penerima bantuan pendidikan PIP.

PIP sendiri merupakan program kerja sama tiga kementerian yakni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag). /B

Terkini