Raup Laba Rp 5,9 Miliar, Perusda Konsel Setor Deviden Rp 3,9

Reporter : Erlin / Editor : Kang Upik

KENDARI – Kinerja Perusahaan Daerah (Perusda) Konawe Selatan (Konsel) Tahun 2019 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Catatan itu sebagaimana dipaparkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Claro Hotel, Sabtu, 15 Februari 2020.

Catatan positif ditunjukan Perusda Konsel pada capaian laba di tahun 2019 sebesar Rp 5,9 milyar. Capaian laba itu meningkat 60 persen dibanding tahun 2018, yang hanya mencapai Rp 3,7 miliar.

Direktur Perusda Konsel, Arief Rachman menjelaskan, visi Perusda adalah mandiri, berdaya saing dan profitabel, dengan tata kelola sesuai prinsip good corporate governance.

“Kita telah membangun kawasan perikanan terpadu meliputi pembibitan ikan atau hatchery, pariwisata, edukasi dan bisnis yang terpadu, dan kaji banding unit usaha perikanan,” papar Arief.

Guna penciptaan peluang usaha baru, kata Arief, pihaknya berencana membuka peluang kerjasama investasi pertambangan dan tambak terpadu, perkebunan serta property.

“Secara umum pencapaian Perusda 98 persen. Kenaikan posisi keuangan Perusda berimplikasi pada kenaikan value kapitalisasi aset 2019 sebesar Rp 15 miliar atau meningkat 50 % dibanding tahun 2018 dari angka Rp 10 M,” ujarnya.

Peningkatan diatribusikan dari pengelolaan pelabuhan PT Ifishdeco dan Sambas serta lancarnya penagihan piutang. Untuk komposisi aset tahun 2019 tersimpan dalam kas dan bank, piutang dan aset tetap.

“Kinerja Perusda mampu berkontribusi positif ke Pemda Konsel melalui penyetoran Deviden dari sebesar Rp 2 miliar di tahun 2018 naik menjadi Rp 3, 2 miliar di tahun 2019,” tutupnya.

Sementara itu, Kantor Akuntan Publik (KAP), Anna Cahyadi, melalui melalui auditor, Syarifuddin mengatakan, Perusda berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Sesuai standar akuntasi pemerintahan dan hasil audit awal Januari Tahun 2020, serta berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan anggaran 2018 – 2019. Dibuktikan dengan meningkatnya setoran deviden ke Pemda Konsel,” kata Syarifuddin.

Membuka RUPS, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga mengapresiasi pencapaian kinerja Perusda. Menurutnya, Perusda membukukan profitbilitas sesuai target saat RUPS tahun sebelumnya.

“Apresiasi atas capaian kinerja Perusda, karena dapat menyumbangkan deviden bagi Pemda, yang lebih tinggi dari target yang telah kita tetapkan RUPS tahun sebelumnya,” kata Surunuddin.

Surunuddin berharap kinerja Perusda terus ditingkatkan bukan hanya memikirkan keuntungan semata, namun bertindak sebagai pioner dalam pengembangan potensi usaha baru.

“Banyaknya potensi daerah yang dikelola perusahaan luar, padahal bisa dikelola Perusda, yang dapat berkontribusi ke Pemda demi peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Menurutnya juga, berkembangnya Perusda tergantung SDM. Sebab Perusda menjalankan misi peningkatan SDM, baik kemampuan, kreatifitas, kompetensi, juga integritas dan kedisiplinannya.

“Serta semua jajaran harus bertanggung jawab dalam pengembangan Perusda. RUPS yang kita gelar ini sebagai catatan evaluasi kita kedepan,” tutupnya.

RUPS yang digelar ini menjadwalkan penentuan komposisi jajaran Direksi Perusda Periode 2020 – 2025, untuk mengisi masa jabatan Direksi lama yang berakhir 15 Maret 2020 nanti.

Hadir di RUPS ini, Wakil Bupati, Arsalim Arifin, Sekda Konsel, H. Sjarif Sajang, Ketua Badan Pengawas, Prof. Hasbudin, sekretaris Andri Darmawan, dan anggota Akbar, Dirut Perusda, Arief Rachman, dan Direktur Produksi, Muhammad Akbar Liambo

iklan bersama melawan covid-19

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI