oleh

Rawat Kotak Suara Kardus, KPU Pakai Semprotan Anti Serangga

-POLITIK-56 dibaca

Reporter : Kardin

KENDARI – Guna menjaga kualitas logistik Pemilu 2019 tetap dalam kondisi baik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan kepada seluruh KPUD kabupaten/kota agar menjalankan perawatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) di gudang logistik.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib menuturkan, untuk menjaga kualitas logistik Pemilu mulai dari rayap, air hingga api, pihaknya menegaskan kepada seluruh KPUD kabupaten/kota untuk melakukan pengamanan logistik dengan baik melalui standar SOP yang telah ada.

“Itu untuk menghindarkan logistik dari kerusakan. Kan sekitar tiga bulan lagi Pemilu, jadi harus terus dicek secara berkala termasuk para komisioner KPU,” ujar Abdul Natsir, Rabu (16/01/2019).

Khusus untuk perawatan kotak suara kardus sendiri kata Abdul Natsir, agar terhindar dari rayap model perwatannya yakni kotak suara tidak bersentuhan langsung dengan lantai saat berada di gudang penyimpanan.

“Kotak suara itu harus aman dari rayap, jadi dibuatkan dulu gelagarnya kemudian dilapisi plastik lalu disimpan kotak suaranya. Jadi tidak bersentuhan dengan tanah,” urainya.

Tidak hanya itu, kotak suara juga terus disemprotkan anti serangga secara berkala serta menjaga kelembaban udara gudang penyimpanan logistik agar tetap dalam keadaan baik.

“Ada penyemprotan anti serangga juga dan tiap hari gudang harus dibuka supaya udara bisa masuk,” jelasnya.

Hingga saat ini katanya, belum ada laporan dari KPU kabupaten/kota bahwa adanya logistik Pemilu mengalami kerusakan.

“Belum ada laporan ya, tapi kami tegaskan untuk melakukan pengamanan sesuai SOP,” tukasnya.(a)


Terkini