oleh

Rektor UHO Ingin Gandeng Pemerintah Untuk Pemberian Vaksin Bagi Mahasiswa

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Muhammad Zamrun Firihu menjadi orang pertama disuntik vaksin sinovac, dalam proses vaksinasi perdana di jajaran Pemerintah Provinsi Sultra.

Vaksinasi perdana untuk para pejabat Pemprov Sultra, tokoh kepolisian dan militer serta tokoh masyarakat dan agama ini dilaksanakan di Aula RSUD Bahteramas, Kamis 14 Januari 2021.

Merespon positif agenda vaksinasi yang dilaksanakan Pemprov Sultra ini, Prof Muhammad Zamrun mengaku pihaknya membuka ruang kerjasama untuk program vaksinasi dikalangan mahasiswa.

“Saya akan dengan senang hati bila pihak pemerintah ingin melakukan kerjasama dengan UHO untuk memberikan vaksin kepada para mahasiswa,” kata Prof Muhammad Zamrun ditemui usai vaksinasi.

Meski demikian, lanjutnya, hingga saat ini belum ada pembicaraan antara UHO dan pemerintah daerah terkait gagasan bekerjasama dalam proses vaksinasi bagi mahasiswa.

“Sampai hari ini belum ada pembicaraan kerjasama itu, paling tidak kami mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah. Kalau kedepan ada arahan dari pemerintah kami pasti akan melaksanakan,” ujarnya.

Ia juga menepis keraguan dampak negatif pasca vaksinasi, yang selama ini menjadi perbincangan publik. Menurutnya, vaksin telah melalui uji dan riset selama berbulan-bulan sejak awal masa pandemi.

“Vaksin yang disuntikan ini sudah melalui serangkaian uji coba baik di laboratorium maupun klinis. Ada tahapan-tahapan dilakukan yang sesuai kaidah-kaidah ilmiah,” pungkasnya. /A

Terkini